Peluang Usaha Tepung Telur, Saat Harga Tak Bersahabat

  • Jumat, 17 Februari 2023 14:02
  • Podomoro Feedmill
Tepung telur dapat menjadi alternatif penyimpanan saat harga telur sedang tidak bersahabat atau saat ketersediaannya berlimpah. Prinsipnya adalah dikeringkan sampai...

Tepung telur dapat menjadi alternatif penyimpanan saat harga telur sedang tidak bersahabat atau saat ketersediaannya berlimpah. Pembuatannya cukup mudah dan sederhana. Selain meningkatkan nilai tambah, tepung telur mudah di simpan dan dapat bertahan lama hingga satu tahun. Cara ini juga menjadi solusi para konsumen untuk mengantisipasi kenaikan harga telur menjelang hari raya dan lebaran. Prinsipnya adalah mengeringkan telur sampai kadar air di bawah 10%.

 

 

 

Cara Pembuatan Tepung Telur

 

A. Bahan - Bahan :

 

Maltodextrin 50 gram

Telur segar 500 gram

 

Maltodextrin merupakan salah satu zat tambahan yang sering digunakan sebagai pengental, pengawet, atau pemanis dalam makanan dan minuman kemasan. Biasanya maltodekstrin terbuat dari jagung, beras, kentang, gandum atau tapioka.

 

B. Cara Membuat :

 

1. Bersihkan telur, kemudian pecahkan ke dalam wadah (kuning dan putih bisa dipisah / digabung sesuai kebutuhan).

2. Tambahkan bahan pengisi (maltodextrin), aduk hingga tercampur.

3. Kocok adonan yang sudah tercampur dengan mixer selama ± 10 menit hingga adonan mengembang dan berbuih.

4. Ratakan adonan telur yang sudah mengembang ke dalam wadah / loyang yang sudah dilapisi plastik tahan panas (tinggi adonan ± 1 cm)

5. Keringkan adonan telur dalam oven blower dengan suhu 50°C selama ± 5 jam sampai adonan kering, kemudian dinginkan di suhu ruang.

6. Haluskan adonan yang sudah dingin dengan blender hingga menjadi tepung.

7. Simpan telur di wadah bersih dan tertutup rapat.

 

 

 

Pemasaran Tepung Telur

 

Target pemasaran tepung telur sangat meluas. Pemasarannya dapat dilakukan secara offline atau online di masa saat ini. Jangan lupa membuat kemasan tepung telur semenarik mungkin.

 

Pemasaran offline dengan cara mencetak spanduk yang kemudian dipasang didepan lokasi usaha, hal ini bertujuan untuk membuat kegiatan usaha tepung telur diketahui banyak kalangan. Hal lain yang dapat dilakukan untuk memasarkan adalah dengan menawarkan secara langsung atau di post / unggah ke media social dan lain -  lain. Harga yang terjangkau atau dapat disesuaikan dengan keinginan, maka tepung telur ini dapat dibeli oleh siapun dengan mudah. 

 

Pelaku Usaha yang Memanfaatkan Tepung Telur

 

Tepung telur dapat bertahan lebih lama, sehingga banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha seperti, industri makanan dan pelaku usaha kue sebagai pelapis kue atau bahan pada kue yang memerlukan daya busa tinggi dalam pembuatannya.

 

Pastikan hanya menggunakan telur segar yang didapatkan dari sumber tepercaya. Karena ada beberapa perbedaan pendapat tentang keamanan dalam mengeringkan telur mentah karena suhu pengeringan mungkin tidak cukup panas untuk membunuh bakteri salmonella. Maka dari itu gunakanlah telur segar dari sumber tepercaya untuk mengurangi risiko tersebut. Semoga bermanfaat.