• Selasa, 04 Juni 2024 11:06
  • Podomoro Feedmill

Tips Pilih Hewan Kurban Yang Sehat Bebas PMK

Beberapa minggu lagi umat muslim di seluruh dunia akan menyambut salah satu hari besar, yakni Hari Raya Idul Adha, yang tentunya menjadi momen terbaik untuk bersedekah dengan cara berkurban. Kurban merupakan ibadah yang dilakukan oleh umat muslim sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT. Ibadah qurban melibatkan penyembelihan hewan tertentu dengan niat yang tulus dan mengikuti tata cara yang ditetapkan dalam agama Islam. Nah, bagi para umat muslim yang berencana akan berkurban, tak ada salahnya melakukan persiapan dalam memilih hewan kurban yang terbaik. Yuk simak tips memilih hewan kurban yang terbaik.

Tips Pilih Hewan Kurban Yang Sehat

 

Adapun tips memilih hewan kurban yang baik untuk disembelih saat Idul adha adalah sebagai berikut:

 

1.      Umur Hewan Kurban

 

Umur hewan yang dikurbankan sangat penting karena hewan kurban memiliki umur yang disyaratkan berbeda-beda. Jika ingin berkurban kambing atau domba, umur yang disyaratkan memenuhi kriteria kurban adalah yang minimal berumur 1 tahun. Kemudian, jika ingin berkurban sapi, maka umur yang masuk kriteria kurban adalah 2 tahun atau juga bisa mengecek lewat gigi susu hewan. Caranya dengan melihat dua gigi susu yang berada di depan telah tanggal atau poel, artinya sudah memenuhi umur kriteria hewan kurban.

 

2.      Hewan Kurban Tidak Cacat

 

Hewan kurban harus dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit seperti demam, kurang nafsu makan, kudis, ada ekskreta (buangan) dari lubang hidung, bulu kusam dan berdiri, mata cekung dan kotor, diare, serta lemas. Pilihlah hewan ternak yang sehat seperti cuping hidungnya basah tetapi bukan karena flu, bulunya yang bersih dan mengkilap.

 

Cek juga pernafasan dan juga detak jantungnya. Lebih baik lagi jika menanyakan tentang Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai acuan kesehatan hewan tersebut. hewan kurban menjadi tidak sah jika hewan tersebut mengalami buta sebelah atau jelas sekali kebutaanya. Jika tidak sah, maka hewan tersebut memiliki status sebagai daging biasa bukan menjadi kurban.

 

3.      Perhatikan Kotoran Hewan Kurban

 

Dijelaskan dalam laman NU Online, calon pembeli sebaiknya memperhatikan kotoran hewan kurban yang dijual. Kotoran hewan yang sehat teksturnya tidak lembek atau cair dan tidak kering. Ketika jatuh ke permukaan tanah bentuk dan teksturnya tidak akan berubah.

 

4.      Hewan Kurban Tidak Kurus

 

Kondisi fisik dari hewan kurban juga perlu diperhatikan, dan pastikan calon hewan kurban memiliki nafsu makan yang baik, lincah, mata bersinar, dan bulu tidak kusam. Karena dengan nafsu makan yang baik dan lincah, otomatis kondisi hewan akan terlihat gemuk dan tidak seperti hewan yang memiliki penyakit.

 

5.      Perhatikan Lokasi Pembelian Hewan Kurban

 

Tempat pembelian hewan kurban merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Jangan membeli hewan kurban yang diternak di tempat kotor atau berpolusi, seperti pembuangan sampah. Hewan yang diternak di tempat seperti itu berpotensi membawa bahan berbahaya dalam tubuhnya, yang akan membahayakan kesehatan orang-orang yang nanti mengonsumsi dagingnya. Sebaiknya, beli hewan kurban yang diternak di lingkungan bersih contohnya langsung di peternakan atau di pasar hewan.

 

Itulah tips-tips memilih hewan kurban yang baik. Hati-hati dalam membeli hewan kurban, jangan sampai hewan ternak yang dibeli tidak memenuhi kriteria hewan kurban sesuai syariat Islam. Semoga bermanfaat.

Beberapa minggu lagi umat muslim di seluruh dunia akan menyambut salah satu hari besar, yakni Hari Raya Idul Adha, yang tentunya menjadi momen terbaik untuk bersedekah...