• Rabu, 12 Juni 2024 09:06
  • Podomoro Feedmill

Mengejutkan, 5 Jenis Ayam Terbesar Di Dunia!!

Ayam dikenal sebagai salah satu hewan ternak yang dimanfaatkan telur atau dagingnya. Maka dari itu, ayam menjadi salah satu hewan yang cukup populer dan sering dipelihara oleh masyarakat. Biasanya, kita mengenal ayam sebagai hewan dengan tubuh yang kecil. Namun jangan salah, ayam-ayam yang akan dibahas memiliki ukuran jumbo, bahkan sampai hampir 1 meter! Apakah kamu penasaran dengan ayam-ayam tersebut?  Mari kita bahas.

 

Jenis Ayam Terbesar Di Dunia

 

1.      Ayam Jersey Giant

 

Ayam Jersey Giant merupakan jenis ayam terbesar di dunia yang berasal dari New Jersey, Amerika Serikat. Ayam ini dikenal jinak dan mempunyai temperamen yang bagus. Namun pertumbuhannya terhitung lambat. Ayam ini mendapatkan julukan “ayam raksasa” karena memiliki bulu hitam legam dan ukuran yang besar, mirip dengan ayam broiler. Jersey Giant memiliki bobot mencapai 10 kg dan tinggi sekitar 66 cm.

 

2.      Ayam Brahma

 

Ayam Brahma adalah spesies ayam terbesar di dunia. Tinggi ayam ini bisa mencapai hingga 1 meter yaitu 76 cm. Beratnya berkisar antara 5,4 sampai 6,8 kilogram. Ayam Brahma merupakan spesies ayam yang berasal dari Sanghai. Ayam ini adalah ayam pedaging dan petelur, bahkan ayam Brahma bisa menghasilkan 300 telur setiap tahunnya. Ayam Brahma juga dikenal dengan sifatnya yang tenang dan suka berkeliaran mencari makan.

 

3.      Ayam Dong Tao

 

Ayam Dong Tao adalah jenis ayam langka yang berasal dari wilayah Dong Tao, Vietnam. Kakinya sangat besar bisa sebesar pergelangan tangan manusia dan bersisik kemerahan. Karena itu ayam ini disebut juga ayam naga, sebab kakinya mirip dengan kaki naga dari mitologi Asia. Beratnya bisa mencapai 5-6 kg. Yang jantan biasanya berwarna coklat kemerahan sedangkan betina biasanya berbulu putih.

 

4.      Ayam Cochin

 

Ayam Cochin adalah jenis ayam terbesar di dunia yang berasal dari China. Jenis ayam ini memiliki berat rata-rata mencapai 3,86 kg dengan tinggi mencapai 43,8 cm. Ada beberapa variasi warna, seperti putih, perak, buff, coklat, dan hitam, salah satu ciri khasnya adalah mempunyai banyak bulu di bagian kaki sampai-sampai seolah kakinya tertutupi. Pertumbuhan ayam Cochin sangatlah lambat karena ia memerlukan waktu hingga 2 tahun sampai menjadi benar-benar dewasa.

 

5.      Ayam Cornish

 

Ayam Cornish berasal dari Cornwall, Inggris, dan juga cukup populer di Australia dan Amerika. Beratnya bisa mencapai sekitar 4,7 kg. Kakinya pendek, badannya kekar dengan dada besar. Bulunya halus dan tipis, biasanya berwarna hitam atau coklat tua. Ayam ini bagus untuk diambil dagingnya, namun telur yang dihasilkan rendah sekitar 80 butir per tahun.

Ayam dikenal sebagai salah satu hewan ternak yang dimanfaatkan telur atau dagingnya. Maka dari itu, ayam menjadi salah satu hewan yang cukup populer dan sering...........