Tips Obati Gangguan Pernapasan Ayam Kampung Dengan Bahan Herbal

  • Kamis, 06 Juni 2024 13:06
  • Podomoro Feedmill
Sama halnya dengan ayam ras petelur atau pedaging, ayam kampung juga memiliki titik lemah di sistem pernapasannya. Fungsinya yang sangat penting dalam penyediaan.........

Permintaan daging dan telur ayam kampung yang cukup besar menjadikan budidaya ayam kampung sebagai peluang bisnis yang menggiurkan. Pemeliharaan ayam kampung secara intensif dengan penerapan manajemen yang baik, serta pemberian pakan yang padat nutrisi akan memberikan dampak baik dalam pertumbuhan ayam kampung. Tapi peternak harus waspada terhadap serangan penyakit. Penyakit yang sering dijumpai adalah gangguan pernapasan yang dapat diakibatkan oleh berbagai agen seperti agen non infeksius atau infeksius (virus, bakteri, mikoplasma, dan jamur). Mari kita bahas bersama..

 

Sama halnya dengan ayam ras petelur atau pedaging, ayam kampung juga memiliki titik lemah di sistem pernapasannya. Fungsinya yang sangat penting dalam penyediaan oksigen dan pengeluaran karbondioksida menjadikan organ pernapasan akan selalu kontak secara langsung dengan udara luar yang kotor.

 

Hal ini tentu sangat memungkinkan ikut terhirupnya debu atau mikroba kontaminan dalam udara dan masuk ke dalam sistem pernapasan. Salah satunya penyakit Infectious laryngotracheitis (ILT) atau Laringotrakeitis menular. Penyakit ini memiliki gejala pasa daluran pernafasan, kesulitan bernafas dan keluarnya cairan darah.

 

Bahan Herbal Untuk Ayam Susah Bernafas

 

Ada banyak cara untuk mengobati penyakit pernapasan pada ayam. Cara yang paling sering dilakukan adalah dengan menggunakan antibiotik yang akan mengobati infeksi sekunder.  Selain menggunakan obat kimia, masalah ayam susah bernafas juga bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami berikut daftarnya:

 

1.      Bawang Putih

 

Bumbu dapur ini sangat terkenal di kalangan peternak ayam karena bisa bermanfaat sebagai salah satu obat alami mengatasi masalah pernapasan pada ayam. Ada kandungan zat aktif dalam bawang putih yang sifatnya anti inflamasi atau anti radang serta anti bakteri.

 

Anti bakteri dalam bawang putih bisa membasmi penyakit di saluran pernapasan. Sedangkan anti radangnya bisa melenyapkan lendir yang muncul akibat peradangan. Untuk menggunakannya, ambil sari bawang putih yang sudah diparut kemudian campur dengan sedikit air hangat. Berikan dua kali sehari, pada pagi dan sore hari.

 

2.      Buah Mengkudu

 

Dalam buah mengkudu zat scopoletin yang bisa membantu mengatasi radang kulit serta masalah pernapasan pada ayam. Cara menggunakannya adalah cuci buah mengkudu yang matang, iris tipis-tipis, lalu rebus sampai mendidih. Setelah dingin, segera berikan ke ayam yang terkena masalah pernapasan satu kali saja setiap hari.

 

3.      Daun Sirih

 

Tanaman yang satu ini telah menjadi warisan budaya Indonesia dan sering digunakan karena manfaatnya yang sangat bervariasi. Zat baik dalam daun sirih, seperti tiamin, riboflavin, asam nikotinat, karoren, dan minyak atsiri sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan.

 

Cuci bersih daun sirih lalu rebus dalam segelas air bersih. Saring rebusan daun sirih kemudian campurkan dengan sari dari satu buah jeruk nipis. Berikan ramuan ini pada ayam yang terkena ILT dua kali dalam sehari, yaitu sore dan pagi hari.

 

4.      Jeruk Nipis

 

Ayam susah bernafas juga bisa diobati dengan bantuan jeruk nipis. Terdapat kandungan naringin, rhoifolin, hesperidin, dan poncirin dalam jeruk nipis dan semuanya sangat berguna bagi kesehatan ayam. Pastikan untuk mencuci jeruk nipis terlebih dahulu sebelum membelah dan memerasnya.

 

Sebelum memberikannya pada ayam yang sakit, campur sari jeruk nipis tersebut dengan kecap manis terlebih dahulu. Pemberian ramuan ini bisa dilakukan satu kali setiap harinya, yaitu pada pagi hari atau pada sore hari saja.

 

Selalu bersihkan kandang, terutama setelah ada ayam yang terjangkiti penyakit. Pembersihan dan sterilisasi bisa melindungi ayam-ayam sehat agar tidak jatuh sakit karena terserang virus atau bakteri apapun. Untuk membersihkan kandang bisa menggunakan TRIPLE KILL dengan cara menyemprotkannya ke kandang agar terbebas dari virus maupun bakteri. Semoga bermanfaat.