Tips Atasi Heat Stress Pada Ayam Broiler


2022-07-26 10:28:41


Stres merupakan istilah untuk menyatakan respon tubuh, baik fisiologis, kimia, maupun tingkah laku terhadap segala bentuk perubahan dan gangguan fisik dari luar tubuh. Bagi ayam, gangguan stres dimulai sejak DOC menetas yaitu sejak penanganan di tempat penetasan, saat transportasi, hingga ditebar dalam kandang. Setibanya dalam kandang, masih banyak jenis stres lain yang menimpa seekor ayam selama hidupnya. Salah satunya stres panas (heat stress).

 

Heat Stress

 

Stres panas (heat stress) adalah sebuah gangguan stres yang terjadi akibat kondisi suhu udara lingkungan melebihi suhu nyaman, sehingga ayam tidak mampu untuk menyeimbangkan antara produksi dan pembuangan panas tubuhnya.

 

Gejala Heat Stress Pada Ayam

 

Pada prinsipnya saat ayam heat stress, ayam akan berusaha menurunkan suhu tubuhnya melalui pelepasan panas tubuh. Akan tetapi, karena ayam tidak memiliki kelenjar keringat, maka respon yang terlihat dari tingkah lakunya meliputi :

 

1. Ayam merenggangkan, melebarkan, dan atau menggantungkan sayapnya. Akan tetapi usaha ini kurang optimal karena suhu lingkungan kandang tidak berbeda nyata dengan panas tubuhnya.

2. Ayam menempelkan tubuh ke dinding kandang yang lebih dingin atau membenamkan tubuhnya ke dalam litter (sekam). Terkadang ayam juga melakukan ‘mandi’ di tempat minum.

3. Melakukan peripheral vasodilatation atau meningkatkan aliran darah perifer (tepi), terutama pada bagian jengger, pial, dan kaki sehingga bagian tersebut warnanya menjadi lebih merah dan panas.

4. Ayam melakukan panting, yaitu bernapas melalui tenggorokan atau meningkatkan evaporasi (penguapan). Ayam akan membuka mulutnya dan menggerakkan tenggorokannya sebagai tempat keluar masuk udara.

 

Akibat Heat Stress

 

Menurut hasil penelitian, pemeliharaan ayam pedaging sampai umur 35 hari pada suhu di atas 31°C dapat menyebabkan penurunan bobot badan hingga 25% saat panen jika dibandingkan dengan pemeliharaan pada suhu nyaman 25-28°C. Sedangkan pada ayam petelur, pemeliharaan pada kondisi suhu 25-31°C dapat menurunkan produksi telur sampai 25% dibanding pemeliharaan di suhu 20-25°C. Berikut dampak heat stress yang akan memengaruhi performa maupun produktivitas pada ayam :

 

1. Akan terjadi malnutrisi, ayam lebih banyak minum daripada pakan, hingga produktivitas telur dan pertumbuhan daging tidak bisa tercapai.

2. Menurunkan atau melemahkan sistem kekebalan tubuh ayam.

3. Menyebabkan feses basah (kotoran basah).

4. Menurunkan kualitas tulang dan telur ayam.

5. Bahkan saat terjadi heat stress kronis, dapat mengakibatkan kematian mendadak.

 

Upaya Mengatasi Heat Stress

 

Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan heat stress agar tidak berujung kerugian bagi peternak antara lain :

 

1. Memberikan air dingin suhu 20-24°C yang baik kualitasnya. Air dingin dapat digunakan untuk membantu ayam menstabilkan suhu tubuh ayam saat udara lingkungan tinggi. Pada kandang closed house dapat juga dialirkan pada cooling pad. Pada kandang berjenis open dapat disemprotkan langsung pada ayam.

2. Lakukan penjarangan ayam. Penjarangan dalam satu kandang bertujuan untuk mengurangi kepadatan sehingga ayam lebih merasa nyaman, tidak terlalu panas, padat, dan dapat dengan leluasa meradiasikan panas dari dalam tubuhnya ke lingkungan. 

3. Sesuaikan perlakuan dengan kondisi lingkungan, misalnya tidak melakukan vaksinasi, potong paruh (debeaking), atau perlakuan lain pada saat suhu lingkungan tinggi, karena hal ini dapat lebih memperparah kondisi heat stress. Kegiatan seperti di atas dapat dilakukan saat cuaca dingin atau malam hari.

4. Sebaiknya tidak memberikan ransum pada siang hari pada suhu tinggi, karena menyebabkan kematian akibat tingginya aktivitas metabolisme pencernaan dan dihasilkannya banyak panas tubuh.

5. Berikan vitamin dan elektrolit. Vitamin yang paling utama adalah vitamin C.

6. Yang paling mendasar adalah, selalu mengontrol kondisi suhu dan kelembaban kandang ayam dengan menggunakan alat thermohygrometer.

 

Untuk para peternak selain dapat menggunakan thermohygrometer untuk memantau suhu dan kelembaban kandang, sebaiknya tetap kontrol kondisi kandang sesuai tingkat kenyaman ayam. Semoga bermanfaat.  

 



Share Whatsapp

Isikan Komentar Anda


Info Lain

Protokol Keluar Masuk Rumah di Tengah Pandemi Corona

Saat ini sebagian orang masih harus melakukan karantina mandiri, minimal sekitar dua pekan. Namun...

Prinsip Dasar Penggunaan Mesin Tetas

Area penetasan (hatchery) biasanya terdiri dari ruang penyimpanan telur, jalur transportasi telur, ruang hatchery dan ...

Solusi Aman, Benzoalkonium Chlorida Tangkal Virus Covid19

Sekarang ini banyak Pemerintah Pusat, Provinsi hingga Daerah gencar dalam melakukan penyemprotan Desinfektan

Pilih Keramba Ayam Plastik atau Bambu?

Keramba ayam atau disebut keranjang ayam merupakan alat yang dibuat khusus untuk membawa...

Membuat Pupuk Organik Dari Cangkang Telur

Memanfaatkan cangkang telur sebagai pupuk organik masih jarang diketahui oleh masyarakat...

Penyebab Kerusakan Hati Pada Ayam

Kerusakan hati biasanya disebabkan oleh pengaruh lingkungan dan kesalahan sistem manajemen pemeliharaan