Tips Agar Daging Ayam Empuk dan Lembut


2021-03-27


Memasak daging ayam yang lembut membutuhkan teknik tersendiri. Daging ayam yang lembut dan mudah dimakan perlu dimasak dengan cara yang tepat. Daging ayam yang lembut ditandai dengan tidak sulit dipotong, mudah dikunyah, dan rasa daging yang nikmat. Daging ayam yang lembut dan empuk bisa didapatkan melalui persiapan sebelum memasak serta ketepatan saat memasak. Berikut  tips agar daging ayam bisa empuk dan lembut.  

 

1. Lama Penyimpanan Dalam Kulkas

 

Teknik penyimpanan daging ayam merupakan salah satu cara untuk pengolahan ayam yang cukup penting. Paling lama menyimpan daging ayam dalam kulkas sekitar 2 hari. Karena suhu kulkas di rumah biasanya lebih hangat daripada suhu di pendingin makanan supermarket, dan tentunya lebih sering dibuka tutup. Meskipun masa kedaluwarsanya masih lama, biasanya ayam sudah tidak begitu segar.

 

2. Perendaman Ayam

 

Sebelum mengolah ayam, pastikan untuk membumbuinya terlebih dahulu. Tidak hanya mempersedap rasa daging, perendaman dengan bumbu juga akan membuat tekstur daging lebih lembut dan berserat. Perendaman bumbu pada daging ayam sekitar 3-4 jam sebelum memasaknya, agar rasanya semakin nikmat.

 

Cara memasak ayam ini bisa dilakukan, jika ingin mengolah ayam dengan cara digoreng. Caranya rendam daging ayam dengan bumbu sesuai selera. Selain akan membuat daging lebih cepat empuk, proses merendam ini juga akan membuat daging lebih gurih.

 

3. Rebus Ayam Dengan Waktu Yang Tepat

Cara memasak ayam yang benar adalah hindari memasak daging ayam terlalu lama.  Sering dilakukan oleh ibu rumah tangga, agar ayam matang sempurna cara memasaknya cukup lama. Hal tersebut dapat membuat tekstur dan serat daging menjadi lebih keras dan kering. Sehingga, perhatikan waktu saat memasak ayam, dan jangan lupa untuk membolak-balikan daging ayam agar seluruh permukaannya matang merata.

 

Membutuhkan waktu yang berbeda-beda saat merebus ayam, terutama untuk ayam utuh. Waktu merebus ini harus diperhatikan agar ayam tidak hancur karena terlalu matang.

Berikut waktu yang dibutuhkan saat merebus ayam :

 

a. Jika merebus dada ayam tanpa tulang, waktu yang dibutuhkan 15 hingga 20 menit.

b. Untuk dada ayam yang masih memiliki tulang direbus selama 30 menit.

c. Sedangkan untuk paha ayam direbus selama 30 hingga 40 menit.

d. Kemudian untuk ayam utuh selama 1 jam.

 

4. Pilih Ayam Yang Lebih Muda

 

Memilih daging ayam merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Jika ingin mendapatkan olahan ayam yang lebih empuk dan lembut bisa memilih ayam yang masih muda. Selain dagingnya tidak terlalu keras, daging ayam muda juga memiliki rasa yang lebih nikmat.

 

Itulah tips agar daging ayam bisa empuk dan lembut. Ayam yang sudah direbus bisa diolah menjadi berbagai sajian yang nikmat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga Penyakit Pada Saluran Pencernaan Ayam



Share Whatsapp

Isikan Komentar Anda


Info Lain

Maxtreme Maximal Extrem

MAXTREME adalah kombinasi dari beberapa zat enzim yang bekerja secara sinergis untuk memaksimalkan saluran pencernaan unggas. Salah satu zat enzim...

Faktor Penyebab Harga Telur Merangkak Naik

Memasuki puncak musim hujan yang telah diprediksi BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi...

Cara Hitung Performa Ayam Petelur

Dari catatan kandang (recording) peternak bisa mengetahui performa maupun...

CARA PEMBUANGAN PANAS TUBUH AYAM

Ayam sebagai hewan homeotermik (berdarah panas), dimana memiliki...

Penyebab Kerusakan Hati Pada Ayam

Kerusakan hati biasanya disebabkan oleh pengaruh lingkungan dan kesalahan sistem manajemen pemeliharaan

Jenis Ayam Laga di Indonesia

Ayam laga sering disebut ayam aduan atau ayam petarung, merupakan ayam jantan atau ayam jago yang memiliki ciri...