Tepung Indigofera , Meningkatkan Produksi Telur Puyuh

  • Senin, 07 Agustus 2023 14:08
  • Podomoro Feedmill
Bahan pakan alternatif sangat berpotensi menjadi salah satu bahan penting disaat terjadi kekurangan dan tidak tersedia bahan pakan yang berkualitas akibat sulitnya mem...

Bahan pakan alternatif sangat berpotensi menjadi salah satu bahan penting disaat terjadi kekurangan dan tidak tersedia bahan pakan yang berkualitas akibat sulitnya memperoleh bahan baku utama sehingga kalaupun ada harganya cukup mahal disamping itu bahan pakan alternatif berfungsi sebagai pengganti atau substitusi untuk melengkapi Jurnal Ilmu dan Industri Peternakanbahan pakan utama sehingga bahan pakan alternatif dapat mengurangi harga pakan namun tetap masih membutuhkan bahan pakan lainnya sebagai pelengkap.

 

 

 

 

Tananam Indigofera zollingeriana

 

Indigofera zollingeriana merupakan sejenis leguminosa yang berpotensi besar untuk menjadi bahan pakan alternatif sumber protein untuk melengkapi bahan pakan lainnya dalam usaha pengembangan produksi ternak.

 

Saat ini leguminosa Indigofera zollingeriana banyak dikembangkan karena memiliki produksi biomasa yang cukup tinggi dan mempunyai kandungan nutrien berupa protein kasar yang cukup tinggi yaitu 28,98% dan kandungan serat kasar yang rendah yaitu 8,49%.

 

 Indigofera zollingeriana memiliki kandungan nutrien yang sangat baik antara lain protein kasar (PK) sebesar 27,89%, serat kasar (SK) sebesar 14,96% dan kandungan mineral yang cukup tinggi yaitu kalsium (Ca) 0,22% dan fosfor 0,18%.

 

Jika dibandingkan dengan jenis leguminosa lainnya seperti daun kelor, maka tepung  Indigofera zollingeriana mengandung antinutrien yang rendah dan tidak bersifat toksik serta dapat digunakan sebagai bahan pakan penyusun pakan ternak unggas.

 

 

 

Indigofera zollingeriana Mempunyai Keunggulan Sebagai Berikut :

 

1. Mudah ditanam dan dirawat, tahan hidup di tanah ekstrim tolerasi terhadap kondisi lingkungan seperti usim kering, genangan air, dan tahan terhadap salinitas sehingga menjadi sumber pakan sepanjang tahun.

 

2. Tidak menggunakan bahan kimia dalam pemeliharaan tanaman,memperbaiki unsur hara tanah, dan mampu menahan erosi.

 

3. Memenuhi kriteria bahan pakan ternak yang baik, kontinyu, dan murah.

 

Pembuatan Tepung Daun Indigofera zollingeriana 

 

1. Daun Indigofera zollingeriana segar dipanen dari perkebunan, yang diambil adalah bagian daun yang masih muda.

 

2. Daun yang telah diambil dianginanginkan tanpa terkena matahari secara langsung selama ±1 hari agar daun tidak berubah warna.

 

3. Setelah diangin-anginkan daun dijemur dengan cahaya matahari selama ± 10 jam, kemudian digiling hingga berbentuk tepung.

 

Keunggulan Tepung Daun Indigofera zollingeriana :

 

a. Tingkat kecernaan tinggi (77%).

b. Kandang relatif tidak bau dan kotoran lebih kering & mengurangi emisi methan.

c. Menghasilkan produk lebih sehat dan berkualitas.

d. Produk berkolesterol rendah, kandungan Conjugated linoleic Acid tinggi.

e. Marbling score lebih tinggi & lemak subkutan turun.

f. Pada unggas yolk egg color score, antioksi dan & albumin lebih tebal.

 

Pemberian Tepung Daun Indigofera zollingeriana Pada Puyuh

 

Pemberian pakan dilakukan pada pagi dan sore hari, pemberian tepung daun Indigofera zollingeriana terhadap puyuh sebanyak 10% dalam 1 kg pakan mampu meningkatkan produksi telur.