Strategi Brooding Nyaman di Musim Hujan

  • Kamis, 03 Desember 2020 12:12
  • Podomoro Feedmill
<p><span style="font-size: 12pt;">Jika masa brooding dilakukan pada musim hujan, maka hampir sepanjang hari diperlukan pemanas dan biasanya...</span></p>

Tingkat curah hujan saat ini cenderung tinggi bahkan sulit diprediksi. Kondisi seperti ini akan membawa dampak terhadap penurunan performa ayam. Di samping itu, genetik ayam pedaging modern memiliki kepekaan yang tinggi terhadap suhu lingkungan. Umumnya, anak ayam (DOC) baru mampu mengatur suhu tubuh secara optimal pada umur 2 minggu. Oleh karena itu, penting sekali peran pemanas (brooder) terhadap anak ayam berumur 0-14 hari untuk menjaga suhu kandang tetap nyaman.

 

Masalah Di Musim Hujan  

 

Jika masa brooding dilakukan pada musim hujan, maka hampir sepanjang hari diperlukan pemanas dan biasanya masa brooding akan berlangsung lebih lama (>14hari). Jika tidak dilakukan pemanasan ekstra pada siang hari, DOC tidak mendapatkan suhu yang ideal untuk pertumbuhannya. Dampak lebih lanjut, pertumbuhan DOC tidak akan merata dan banyak yang kecil (kerdil) sehingga performanya menjadi jelek. Jika tidak ditekan kebutuhan akan pemenas ini, maka akan berujung pada pembengkakan pengeluaran sarana produksi. Lalu, bagaimana strategi pemenuhan kebutuhan DOC masa brooding?   

 

Strategi Pemenuhan Kebutuhan DOC Masa Brooding

 

1. Manajemen Chick in Yang Optimal

 

Sebelum memulai masa brooding, tentunya perlu mempersiapkan kandang yang nyaman dan bersih sebelum pelaksanaan chick in. Pembersihan kandang harus dilakukan secara menyeluruh mulai dari pencucian kandang, peralatan, pengeluaran litter dan feses, hingga pengapuran serta desinfeksi. Masa istirahat kandang tidak bisa dipersingkat dan harus diterapkan minimal 2 minggu setelah kandang bersih.

 

2. Kebutuhan Nutrisi dan Air Minum Tercukupi

 

Ransum dan air minum harus diberikan segera setelah anak ayam datang karena bermanfaat dalam mempercepat penyerapan sisa kuning telur yang merupakan sumber nutrisi sementara dan sumber kekebalan (antibodi maternal) anak ayam. Selain itu, pemberian suplemen masa brooding seperti Maxtreme sangat dianjurkan untuk memaksimalkan fase brooding, seperti menekan kebutuhan pemanas dan mampu mempercepat waktu brooding dengan hasil performa yang maksimal.

 

3. Kontrol Suhu dan Kelembaban

 

Kontrol suhu brooding sebaiknya dilakukan sesering mungkin. Kenyamanan anak ayam juga dapat digambarkan dengan aktivitas dan penyebaran di dalam kandang. Suhu yang ideal akan membuat anak ayam tersebar merata dan beraktivitas secara normal.

 

4. Kebutuhan Udara Bersih dan Oksigen Tercukupi

 

Sirkulasi udara yang baik melalui ventilasi bisa mengurangi bau amonia dan debu di dalam kandang. Jika oksigen di dalam kandang kurang bahkan terdapat banyak kandungan gas berbahaya maka sistem pernapasan anak ayam akan terganggu. Sediakan celah ventilasi pada dinding kandang bagian atas dengan lebar 20-30 cm. Kecukupan udara bersih juga bisa diciptakan dengan mengatur kepadatan kandang. Lakukan pelebaran chick guard secara bertahap seiring bertambahnya umur dan berat badan anak ayam.

 

5. Optimalkan Pencahayaan

 

Pencahayaan yang optimal akan mendorong anak ayam untuk selalu mengonsumsi ransum dan air minum, serta membantu dalam sekresi hormon tiroksin untuk mempercepat metabolisme tubuh anak ayam. Kebutuhan pencahayaan pada masa brooding adalah maksimal waktu selama 20-24 jam/hari dengan intensitas cahaya 20 lux. Setelah itu, dapat dikurangi bertahap sebanyak 2 jam setiap minggu sejalan dengan bertambahnya umur ayam.

 

6. Manajemen Kesehatan Yang Baik

 

Untuk membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh anak ayam dapat diberikan imunostimulan atau suplemen masa brooding seperti Maxtremeselama dua hari terhitung chick-in . Dalam pengaplikasiannya Maxtreme tidak dapat dicampurkan dengan obat, vitamin atau vaksin  untuk memaksimalkan daya kerja Maxtreme. Lakukan program vaksinasi dengan tepat untuk menggertak sistem kekebalan aktif ketika antibodi maternal sudah tidak protektif seiring dengan bertambahnya umur. Lakukan pula langkah pencegahan (cleaning program) untuk membasmi agen penyakit bakterial yang telah menginfeksi tubuh anak ayam dengan memberikan One Solution sesuai dengan dosis dan aturan pakai.

 

Di artikel sebelumnya, mimin membahas tentang ayam Kate, mau tau selengkapnya?, langsung saja kunjungi Mengenal Jenis Ayam Kate