Sejuta Manfaat Bawang Putih Untuk Peternakan Ayam

  • Selasa, 20 September 2022 11:09
  • Podomoro Feedmill
Kegunaan bawang putih bagi para peternak adalah untuk menjaga ayam agar tidak mudah terserang penyakit dan mengobati...

Bawang putih merupakan salah satu jenis tanaman yang digunakan sebagai bumbu masak namun juga dimanfaatkan sebagai obat. Kandungan senyawa aktif allisin, ajoene serta flavonoid dalam bawang putih menjadikan bawang dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan di dalam tubuh. Selain itu, senyawa yang terdapat dalam bawang putih dapat menggantikan fungsi dari antibiotik sintetik pada ayam. Sehingga efek buruk dari penggunaan zat sintetik bisa peternak hindari, kesehatan ternak bisa terjaga dan hasil ternak juga aman untuk dikonsumsi oleh semua orang.

 

manfaat bawang putih untuk peternakan ayam 

 

Khasiat Bawang Putih Untuk Peternakan Ayam

 

Kegunaan bawang putih bagi para peternak adalah untuk menjaga ayam agar tidak mudah terserang penyakit dan mengobati beberapa penyakit yang menyerang ayam. Khasiat bawang putih untuk peternakan ayam adalah sebagai berikut :

 

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

 

Dalam kondisi yang tidak stabil seperti pergantian musim akan membuat daya tahan tubuh ayam mengalami penurunan. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh ayam dari serangan bakteri atau virus akibat pergantian musim maka dapat diberikan bawang putih. Bawang putih banyak memiliki kandungan manfaat, salah satunya yaitu menjaga daya tahan tubuh ayam.

 

2. Mengatasi Diare

 

Ayam yang mengalami sakit diare karena disebabkan oleh beberapa faktor seperti cuaca atau lainnya, bisa peternak berikan bawang putih agar kotoran yang keluar tidak terlalu encer. Saat ayam mengonsumsi bawang putih maka sistem pencernaan akan menjadi lancar.

 

3. Mengobati Radang

 

Bawang putih mengandung anti radang, jika ayam mengalami radang tenggorokan atau ayam sering tersedak saat makan, bisa peternak berikan bawang putih sebagai obatnya. Cara penggunaannya bisa dengan menumbuk bawang secukupnya lalu berikan pada ayam.

 

4. Sebagai Pereda Nyeri

 

Manfaat yang terkandung dalam bawang putih lainnya adalah dapat meredakan nyeri pada otot dengan cara mengompreskan ke bagian yang terasa nyeri. Untuk cara penggunaannya bisa dengan merendam bawang putih dalam air hangat, kemudian kompreskan pada anggota tubuh ayam yang terasa nyeri. Bawang juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan oleh jamur.

 

5. Obat Pilek Pada Ayam

 

Ketika ayam sedang terserang penyakit pilek/flu akibat cuaca buruk terutama saat musim penghujan, maka daya tahan tubuh ayam akan menurun, ayam akan terlihat lemah dan mudah terserang penyakit. Kandungan zat allisin yang terdapat pada bawang putih dapat mengobati dan mencegah penyakit pilek yang menyerang ayam.

 

6. Mengatasi Penyakit Kurap

 

Penyakit kurap yang diderita ayam bila tidak segera diobati tentu akan semakin memperburuk keadaan ayam. Penyakit kurap ini merupakan penyakit yang menyerang kulit ayam akibat pertumbuhan jamur dan bakteri. Efek yang ditimbulkan akan membuat ayam menjadi kurus bahkan dapat mengakibatkan kematian. Jadi sebelum penyakit kurap ini menyebar pada tubuh ayam, peternak dapat memberikan bawang putih dengan cara menggosoknya pada daerah kulit ayam yang terindikasi penyakit kurap.

 

7. Obat Cacingan Pada Ayam

 

Bila ayam yang dipelihara terindikasi penyakit cacingan, ternyata obat yang murah dan mudah didapat yaitu dengan bawang putih. Penyakit cacingan ini disebabkan oleh cacing parasit yang menginfeksi pecernaan ayam. Peternak dapat memberikan bawang putih yang telah ditumbuk halus dan memberikannya pada ayam. Selain sebagai obat cacingan, bawang putih juga dapat meningkatkan nafsu makan pada ayam.

 

Peternak dalam penggunaan ramuan bawang putih sebaiknya dihaluskan atau ditumbuk terlebih dahulu, agar memudahakan ayam untuk mencernanya. Semoga bermanfaat.