Ragam Manfaat Telur Ayam Arab Untuk Tubuh

  • Selasa, 18 Juni 2024 11:06
  • Podomoro Feedmill
Telur ayam arab merupakan salah satu jenis telur ayam lokal yang banyak beredar di pasar. Ditinjau dari segi kualitas, telur ayam arab mempunyai kemiripan dengan telur...

Telur ayam arab merupakan salah satu jenis telur ayam lokal yang banyak beredar di pasar. Ditinjau dari segi kualitas, telur ayam arab mempunyai kemiripan dengan telur ayam kampung, baik warna, bentuk, ukuran dan kandungan gizi. Produktivitas yang optimal dari ayam arab hanya dapat dicapai dengan pemberian ransum yang cukup dari segi kuantitas dan kualitas sesuai kebutuhan.

Ciri-Ciri Telur Ayam Arab

 

1.      Cangkang

Cangkang telur ayam arab lebih keras dan berwarna putih susu, berbeda dengan telur ayam biasa yang kulit cangkangnya tipis dan berwarna kecoklatan.

 

2.      Kuning telur

Volume kuning telur ayam arab lebih besar dan berwarna jingga terang, dibanding warna telur ayam kampung yang lebih berwarna kuning.

 

3.      Produksi

Ayam arab mulai berproduksi pada umur 25 minggu, produksi telur mencapai 190-250 butir/tahun dengan bobot telur antara 30–35 gram

 

Manfaat Telur Ayam Arab

 

Banyak sekali manfaat telur ayam arab yang baik bagi kesehatan kita, berikut manfaatnya :

 

1.      Mengandung Protein yang Tinggi

 

Protein memang terdapat diseluruh bagian telur, namun persentase protein lebih banyak terdapat pada kuning dan putih telur yaitu 44-50%. Rata-rata persentase protein dalam putih dan kuning telur ayam arab menurut Binawati (2008) adalah 8,68-9,62% dan 13,70-14,61%. Adannya protein hewani pada telur Ayam Arab maka asam amino esensial dalam tubuh terpenuhi. Manfaat protein adalah untuk membangun dan memperbaiki jaringan, serta memproduksi enzim dan hormon. Protein juga dibutuhkan untuk membentuk massa otot, tulang, kulit, dan darah.

 

2.      Membangun Dan Memperbaiki Sel Tubuh

 

Kandungan protein yang ada pada telur ayam arab ini sangat baik uintuk membantu membangun dan juga memperbaiki sel tubuh yang rusak. Hal ini akan sangat baik untuk mendukung pertumbuhan sel-sel tubuh bagi anak-anak dan juga mereka yang sedang berada pada usia perkembangan.

 

3.      Kesehatan Kulit

 

Telur ayam arab memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A yang tinggi ini, selain baik untuk kesehatan mata manusia, juga ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan radiasi dan juga kerusakan sinar ultraviolet.

 

4.      Memperlancar Peredaran Darah

 

Mampu membantu memperlancar peredaran darah sehingga bisa terhindar dari gangguan kesehatan contohnya anemia dan dapat membantu mengoptimalkan suplay oksigen ke otak, sehingga dapat meningkatkan konsentrasi. Selain itu, hal ini juga dapat membantu mencegah terjadinya stroke dan juga serangan jantung, yang tentunya amat berbahaya bagi kesehtan setiap orang.

 

5.      Kaya Akan Antioksidan

 

Telur ayam arab memilki kandungan antioksidan yang tinggi, kandungan antioksidan yang tinggi ini tentu saja sangat bermanfaat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh, mencegah kanker dan juga dapat membantu mencegah penuaan dini. Antioksidan saat ini sangat penting dan juga sangat diperlukan untuk membantu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan tubuh kita.

 

6.      Kesehatan Tulang

 

Kalsium dan forfor yang terdapat pada telur ayam arab juga sangatlah tinggi, hal ini akan membantu dalam menjaga kesehatan tulang. Dan bagi mereka yang sedang berada dalam masa perumbuhan, kalsium dan juga fosfor dapat membantu menambah tinggi badan, dan mengoptimalkan pertumbuhan tulang.

 

Meskipun telur ayam arab mempunyai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Selalu perhatikan jumlah konsumsi telur ayam arab agar tidak berlebihan dalam tubuh (memicu alergi). Semoga bermanfaat.