Pentingkah Vaksinasi Pada Ayam Kampung ?


2021-02-27


Ayam kampung, identik dengan dagingnya yang alot/padat dan masa pertumbuhan yang cukup lama dibandingkan dengan ayam pedaging (broiler). Saat ini beternak ayam broiler dan layer (petelur) mayoritas peternak memberikan vaksin untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap infeksi penyakit. Lalu, apakah pemberian vaksin pada ayam kampung itu juga sangat penting? Berikut penjelasannya.

 

Vaksin Dan Vaksinasi

 

Vaksin adalah virus yang sudah dilemahkan/diinaktifkan. Kemudian dikemas dalam bentuk khusus dan siap diberikan ke ayam untuk merangsang kekebalannya. Sedangkan vaksinasi adalah prosesnya, dalam memicu timbulnya kekebalan pada ayam. Tujuan dari vaksinasi adalah untuk meningkatkan kekebalan khusus terhadap infeksi yang akan terjadi pada unggas tersebut. Saat virus tertentu masuk ke dalam tubuh ayam, maka ayam tidak akan sakit/terinfeksi. Jika terserang pasti pada tingkatan yang lebih rendah dari ayam yang tidak pernah divaksin.

 

Peminat Ayam Kampung Meningkat

 

Sampai saat ini daging ayam kampung banyak digemari oleh masyarakat. Karena banyak dikonsumsi, maka akan berpeluang besar untuk dikomersilkan (skala besar). Jenis ayam kampung yang cocok dikomersilkan adalah ayam kampung super (joper). Saat dikomersilkan dengan pemeliharaan secara intensif (dikandangkan) maka pemberian pakan juga harus diperhatikan. Ayam joper merupakan persilangan antara ayam bangkok pejantan dengan ayam petelur betina. Menurut para ahli, beternak ayam kampung super lebih cepat panen dibandingkan ayam kampung asli/biasa. Sekitar 2-3 bulan ayam kampung super sudah bisa dipanen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa lebih menguntungkan beternak ayam kampung super dibandingkan ayam kampung biasa.  

 

Memiliki Daya Tahan Terhadap Penyakit

 

Ayam kampung termasuk salah satu jenis ayam yang mempunyai daya tahan tubuh yang baik. Namun daya tahan tubuh ayam kampung yang dipelihara umbaran (skala rumahan) dengan ayam kampung yang dipelihara secara intensif (dikomersilkan) akan berbeda. Kenapa bisa berbeda? Karena, saat ayam yang dilepas atau diliarkan (umbaran) pasti ayam akan mendapatkan vaksin secara alami. Namun beda dengan ayam yang dikandangkan (intensif), ayam harus divaksin untuk mendapatkan antibodi agar terhindar dari penyakit.

 

Kapan Untuk Vaksinasi Ayam Kampung ?

 

Vaksinasi ayam kampung dilakukan saat ayam kampung tersebut bertujuan untuk dipelihara secara intensif dengan populasi yang cukup banyak. Selain itu melakukan vaksinasi tidak bisa sembarang waktu dan kondisi ayam harus sehat agar vaksinasi tidak membawa dampak yang buruk bagi ayam.  Sebaiknya pelaksanaan vaksinasi pada waktu pagi hari atau sore hari. Jadi dilaksanakan pada kondisi suhu sekitar tidak panas.

 

Jenis vaksin yang diberikan pada ayam kampung adalah jenis vaksin ND-IB, Gumboro, dan ND La Sota. Berikut tabel program vaksinasi sederhana untuk ayam kampung super yang dipelihara secara intensif.

 

Umur Ayam

Jenis Vaksin

Aplikasi

Fungsi

4 hari

ND - IB

Tetes Mata

Mencegah Penyakit ND dan IB

10 hari

Gumboro A

Air Minum

Mencegah Penyakit Gumboro

21 hari

ND La Sota

Air Minum

Mencegah Penyakit ND

28 hari

Gumboro B

Air Minum

Mencegah Penyakit Gumboro

 

Sehingga sudah cukup jelas, bahwa ayam kampung juga perlu di vaksin jika dipelihara secara intensif seperti jenis ayam broiler dan layer. Perlu diketahui bahwa vaksinasi juga berhubungan dengan penambahan biaya produksi. Maka lakukan vaksinasi dengan tujuan yang tepat dan cara yang benar.  Semoga bermanfaat.

Penanganan Penyakit Bubul Pada Ayam 



Share Whatsapp

Isikan Komentar Anda


Info Lain

Jangan Asal Pilih DOC Broiler

Pemilihan bibit atau DOC (Day Old Chick) broiler yang baik ...

Tips Thawing Daging Ayam Beku

Istilah “Thawing”, mungkin belum lazim di telinga masyarakat. Namun, tanpa disadari sudah pernah melakukan thawing. Thawing adalah

Lowongan Kerja Juli, Podomoro Sehat Indonesia

CV Podomoro Sehat Indonesia sedang membutuhkan staff untuk melengkapi posisi: 

Aspek Penting Usaha Mandiri Ayam Broiler

Sistem usaha mandiri merupakan sistem ternak dengan modal sepenuhnya ditanggung oleh peternak...

Dampak Kelebihan Serat Kasar Pada Ayam

Kandungan nutrisi pakan harus diperhatikan, karena salah satu permasalahan pada nutrisinya paling banyak pada...

Mengenal Tipe Cacar Unggas (Fowl Pox)

Fowl pox atau cacar ayam disebabkan oleh virus famili Poxviridae dengan genus Avipox virus. Dan merupakan