Penanganan Penyakit Bubul Pada Ayam

  • Jumat, 26 Februari 2021 10:02
  • Podomoro Feedmill
Penyakit bubul, memang terdengar asing oleh sebagian masyarakat. Penyakit tersebut adalah...

Penyakit bubul, memang terdengar asing oleh sebagian masyarakat. Penyakit tersebut adalah penyakit infeksi yang menyerang pada telapak kaki ayam (unggas). Awal mula terjadinya karena luka atau gangguan pada kaki yang dibiarkan sehingga terinfeksi bakteri Staphylococcus. Jika dibiarkan terus menerus, maka ayam akan pincang dan sulit berjalan. Sehingga dapat mengakibatkan kecacatan bila tidak segera diobati.

 

Kategori Penyakit Bubul

 

Penyakit bubul dapat dikategorikan 3 tahap menurut tingkat keparahannya. Berikut penjelasannya :

 

1. Tahap Pertama

 

Pada tahap ini, tanda kemerahan akan timbul pada telapak kaki ayam dalam beberapa waktu kedepan. Hal ini dikarenakan ayam bertengger pada tempat yang tidak sesuai. Namun, ayam masih mampu untuk berjalan, walaupun kurang aktif seperti keadaan normalnya. Dengan pemberian cream/obat salep pada kaki ayam adalah langkah paling baik untuk meminimalisir luka yang semakin meluas.

 

2. Tahap Kedua (Serius)

 

Memasuki tahap yang serius, pada bagian telapak kaki ayam yang memerah akan semakin meluas. Sehingga akan mengakibatkan ketidakstabilan pada kaki ayam. Kategori seperti ini, bisa menggunakan antibiotik dalam pengobatannya.  

 

3. Tahap Ketiga (Fatal)

 

Pada tahap yang fatal, bubul dengan ukuran yang lebih besar bisa mengakibatkan ayam lumpuh. Jika tidak segera ditangani dari awal dapat mengakibatkan kematian. Karena ayam cenderung tidak mau makan serta imunitas tubuh menurun.

 

Tanda Penyakit Bubul

 

Sudah seperti uraian tentang kategori penyakit bubul diatas. Tanda pertama pada bagian jari-jari atau telapak kaki ayam memerah dan bila dipegang terasa panas. Selain itu, telapak kaki membengkak dan masih terus berwarna merah, jika sudah parah akan berbau busuk. Ayam berjalan pincang dan sering kali kaki diangkat, bahkan ayam bisa lumpuh. Saat dibedah biasannya berisikan benda seperti batu kecil.

 

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Bubul

 

Upaya pencegahannya cukup sederhana, yaitu hindari ayam agar tidak terluka. Misalnya, untuk kandang perlu kontruksi yang baik, serta bahan yang digunakan aman bagi ayam. Pada kandang yang lantainya litter ( material alas kandang), maka peternak perlu rutin mengganti litter dengan yang baru atau membalik litter agar tidak lembab dan kotor. Selalu periksa kualitas litter, jangan sampai ada potongan-potongan litter yang terlalu besar bahkan tajam.

 

Untuk perawatan penyakit bubul, sebaiknya memisahkan ayam yang sakit ke kandang karantina sementara. Kemudian dapat melakukan pemberian salep kutil atau kapalan. Salep kutil mengandung antibiotik, biasannya bisa mengguanakan Gentamicin salep. Namun, saat mengguanakan metode ini pastikan kaki ayam tetap kering dan tidak terkena kotoran.

 

Cara pengobatan dan perawatan lainnya, yaitu dengan cara operasi bedah. Metode ini diterapkan pada telapak kaki ayam yang memilki benjolan keras. Pertama, mencuci kaki ayam yang bengkak dengan air hangat dan campurkan garam atau dapat basuh menggunakan alkhohol. Kemudian sobek bagian yang bengkak dengan pisau mengarah ke urat-urat kaki atau secara menyilang kecil. Kemudian keluarkan bagian yang bernanah atau yang sudah mengeras seperti kerikil. Setelah dirasa bersih, kaki ayam dibersihkan dengan antiseptik seperti alkohol. Balut luka dengan perban dan tempatkan ayam pada kandang panggung agar tidak bersentuhan dengan tanah. Semoga bermanfaat.

 

Suplementasi Tingkatkan Kualitas Pakan Ayam