Pentingkah Memisahkan Anak Ayam dari Induknya ?

  • Senin, 18 April 2022 09:04
  • Podomoro Feedmill
Berikut beberapa alasan peternak memisahkan anak ayam bangkok dengan induknya...

Perawatan terbaik untuk ayam bangkok/kampung dapat diberikan sejak dini, yaitu sejak anak ayam baru menetas. Umumnya ada dua cara untuk memelihara anak ayam, yaitu anak ayam dibiarkan bersama induknya atau anak ayam dipisahkan dari induknya. Namun, tidak semua induk ayam bisa mengasuh anaknya. Sehingga akan lebih baik jika anak ayam dipisahkan dari induknya. Memang terlihat kejam, tapi sebenarnya banyak tujuan dan manfaat yang dapat diambil dari hal tersebut.

 

Alasan Peternak Memisahkan Anak Ayam dari Induknya

 

Pemisahan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas induk ayam dan mengurangi tingkat kematian anak ayam. Berikut beberapa alasan peternak memisahkan anak ayam bangkok dengan induknya.

 

1. Produktivitas Induk Ayam Bangkok

 

Tujuan utama dari ternak ayam adalah untuk produktivitas dan budidaya. Dengan memisahkan anak ayam dari induknya, maka induk ayam akan lebih cepat bertelur kembali. Apabila tidak dipisahkan maka proses bertelur kembali menjadi lebih lambat.

 

2. Pertumbuhan Anak Ayam Bangkok

 

Melakukan pemisahan kandang antara anak ayam dengan induknya, supaya proses pertumbuhan pada anak ayam semakin cepat. Hal ini dilakukan karena anak ayam   akan mendapatkan perhatian lebih dari peternak. Dimana perawatan yang dimaksud seperti pemberian pakan sesuai umur, asupan gizi, dan suplemen tambahan serta perawatan lainnya.

 

3. Mengurangi Tingkat Kematian Anak Ayam Bangkok

 

Pemisahan antara anak ayam dengan induknya, dapat membantu dalam mengurangi risiko kematian pada anak ayam. Pasalnya, tidak semua induk ayam dapat memelihara anaknya sendiri hingga dewasa. Sehingga akan membuat tingkat kematian anak ayam bangkok menjadi tinggi.

 

4. Tidak Mudah Terserang Penyakit

 

Anak ayam yang ditempatkan di dalam kandang, bertujuan untuk mengurangi risiko terserang penyakit. Namun, hal penting yang harus diperhatikan adalah kebersihan dan kenyamanan kandang ayam. Jangan sampai kotoran menumpuk, karena dapat memicu perkembangan bakteri dan virus.

 

5. Membentuk Tubuh Ideal

 

Ayam bangkok jantan dituntut memiliki tubuh yang bagus dan ideal supaya bisa menjadi juara ayam laga (aduan). Di sisi lain, ayam bangkok juga di pelihara untuk diambil dagingnya. Dengan dipisahkan dari induknya (intensif), anak ayam akan mendapat makanan yang cukup dan merata sehingga pertumbuhannya tidak terhambat.

 

Itulah beberapa tujuan dari pemisahan antara induk ayam bangkok/kampung dengan anaknya. Pastinya anak ayam yang dipisahkan dengan induknya memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang harus diperhatikan. Semoga bermanfaat.