Peluang Manis Bisnis Bulu Ayam

  • Rabu, 06 April 2022 09:04
  • Podomoro Feedmill
Ide bisnis dari bulu ayam menjadi tren baru di sebagian masyarakat. Dengan modal yang kecil...

Limbah bulu ayam selama ini hanya dibuang tanpa diolah dan dimanfaatkan kembali. Limbah yang dibuang tersebut dapat mencemari lingkungan dan menimbulkan berbagai macam masalah. Banyak yang belum mengetahui bahwa limbah bulu ayam dapat diolah dan dimanfaatkan menjadi suatu barang atau produk yang memiliki nilai ekonomis lebih.

 

Peluang Bisnis dari Bulu Ayam

 

Ide bisnis dari bulu ayam menjadi tren baru di sebagian masyarakat. Dengan modal yang kecil, namun bisnis ini rupanya memiliki peluang dan untung yang menggiurkan. Berikut ide bisnis yang menguntungkan dari bulu ayam.

 

1. Bola Kok dan Anak Panah

 

Kok atau bola bulu tangkis (shuttlecock) adalah bola yang digunakan dalam olahraga bulu tangkis, terbuat dari rangkaian bulu yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus. Kata kok diadaptasi dari bahasa Inggris cock yang berarti ayam jantan.

 

Ketika menjelang lomba kejuaraan baik dalam negeri maupun luar negeri sangat berpengaruh dalam bisnis bulu ayam. Pasti akan membutuhkan shuttlecock dan anak panah. Kini shuttlecock tidak hanya terbuat dari bulu angsa maupun itik, tapi juga bisa dari bulu ayam jantan.

 

2. Kerajinan Tangan

 

Kerajinan tangan dari bulu ayam bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. Caranya dengan mengubah menjadi produk yang bernilai komersial. Contoh hasil kerajinan dari bahan bulu ayam diantaranya kemoceng, pensil bulu, anting bulu, kipas bulu, gantungan kunci dan kerajinan lainnya. Untuk pemilihan dan kategori bulu ayam yang bisa digunakan untuk daur ulang syaratnya harus tetap utuh, memiliki pola warna yang unik dengan kriteria panjang dan lebar tertentu. 

 

3. Bantal

 

Bulu ayam yang dihaluskan atau dilepaskan dari batangnya, maka bulu ayam bisa dimanfaatkan untuk bahan pengisi bantal. Meskipun belum terlalu familiar dan belum begitu banyak diminati, tetapi kualitasnya cukup sebanding dengan bahan lain dan nyaman dipakai.

 

4. Tepung Bulu Ayam

 

Menurut para ahli, bahwa dari hasil pemotongan setiap ekor ternak unggas akan diperoleh bulu sebanyak ± 6% dari bobot hidup (bobot potong ± 1,5 kg). Sebelum bulu ayam diberikan ke ternak, bulu ayam harus diolah terlebih dahulu menjadi tepung. Bulu ayam sangat potensial dijadikan sebagai sumber protein pakan ternak, karena kandungan protein kasarnya tinggi yaitu 85-95%. Bulu ayam dapat dimanfaatkan untuk campuran pakan ternak unggas maupun ternak ruminansia bahkan dijadikan pelet untuk pakan ikan.

 

Itulah beberapa peluang bisnis yang bermodal kecil namun menghasilkan untung yang besar. Ide-ide tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengurangi limbah bulu ayam yang dapat mencemari lingkungan sekaligus menghasilkan untung yang optimal. Semoga bermanfaat.

Baca juga : https://podomorofeedmill.com/info/mengenal-tiktok-bebek-pedaging-unggul