Manfaat Jagung Giling Untuk Ayam Bangkok


2021-11-30


Jagung merupakan bahan baku utama dalam pembuatan pakan ayam bahkan dapat diberikan secara langsung untuk ayam dewasa. Penyediaan pakan dalam jumlah yang cukup dengan mutu yang baik merupakan salah satu faktor terpenting dalam usaha peternakan ayam, karena kontribusinya mencapai 60-70% dari total biaya produksi. Selain untuk ternak ayam ras, jagung juga mempunyai banyak kandungan nutrisi dan manfaat untuk ternak ayam bangkok.

 

 ayam bangkok

 

Kandungan Nutrisi Jagung

Jagung memiliki kandungan nutrisi seperti serat, vitamin C zat besi, magnesium, vitamin B, vitamin A, vitamin E, betakaroten, kalium, dan fosfor. Asam lemak pada jagung meliputi asam lemak jenuh (palmitat dan stearat) serta asam lemak tidak jenuh, yaitu oleat (omega-9) dan linoleat (omega-6). Vitamin A atau karotenoid dan vitamin E berfungsi sebagai zat gizi mikro, antioksidan alami yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, dan menghambat kerusakan degeneratif sel. Jagung juga mengandung berbagai mineral esensial, seperti K, Na, P, Ca, dan Fe. Faktor genetik sangat berpengaruh terhadap komposisi kimia dan sifat fungsional.

 

Berikut kandungan jagung giling per 100 gram.

 

 Komponen Bahan

Jagung Giling Kering per 100 gr

Kalori

361,0 kal

Protein

8,7 gr

Lemak

4,5 gr

Karbohidrat

72,4 gr

Kalsium

9,0 mg

Fosfor

380,0 mg

Zat Besi

4,6 mg

 

Manfaat Jagung Giling Untuk Ayam Bangkok

 

Selain untuk kebutuhan manusia, jagung dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak termasuk unggas. Salah satunya ayam bangkok, yaitu jenis ayam petarung (laga). Berikut manfaat jagung giling sebagai pakan ayam bangkok :

 

1. Untuk Kesehatan Mata Ayam

 

Ayam bangkok memerlukan penglihatan yang baik agar dapat hidup dan bertarung (laga) dengan optimal. Dengan memberinya pakan berupa jagung giling yang mengandung senyawa lutein dapat membantu menjaga kesehatan retina mata serta menghindarkannya dari penyakit katarak.

 

2. Menjaga Berat Badan Ayam

 

Kelebihan berat badan pada ayam bangkok sebagai ayam laga bukanlah hal yang baik, karena membuatnya sulit bergerak lincah dan menurunnya kesehatan tubuh. Jagung giling merupakan pakan yang tepat bagi ayam bangkok, karena memiliki kandungan serat sehingga ayam tidak mudah lapar.

 

3. Melancarkan Pencernaan Ayam

 

Kandungan serat pada jagung giling sangat baik untuk melancarkan pencernaan ayam. Sehingga makanan dapat diserap dengan maksimal dan sisa pencernaan berupa feses juga dapat dikeluarkan dengan lancar.

 

4. Memperkuat Tulang

 

Ayam bangkok (laga) harus memiliki tulang yang kuat sehingga dapat bergerak lincah dan memiliki kekuatan. Pemberian pakan berupa jagung giling menjadi pilihan yang tepat karena kandungan mineral berupa kalsium dan magnesium pada jagung giling sangat baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang ayam bangkok.

 

5. Sumber Energi

 

Ayam bangkok juga memerlukan daya tahan tubuh dan energi yang cukup sehingga dapat beraktivitas dan mengikuti berbagai perlombaan (ayam laga) dengan baik. Jagung giling yang mengandung karbohidrat tinggi mampu menjadi sumber energi untuk menunjang stamina tubuh ayam.

 

Selain jagung giling, beberapa jenis pakan lain seperti, beras merah, beras putih, dan biji-bijian lainnya juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan alternatif ayam bangkok. Meskipun tersedia banyak pilihan, sebaiknya tetap konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan, peternak atau pemelihara ayam yang lebih berpengalaman agar tidak berakibat buruk bagi kesehatan ayam. Semoga bermanfaat.

Baca juga : https://podomorofeedmill.com/info/tips-puyuh-tetap-optimal-di-musim-hujan

 



Share Whatsapp

Isikan Komentar Anda


Info Lain

Vaksin Aktif (live vaccine) pada Ayam

Vaksinasi merupakan tindakan memasukkan vaksin ke dalam tubuh ternak termasuk ayam, dimana untuk 

Aspergillosis, Bungkul Putih di Sekitar Organ Pernapasan Ayam

Aspergillosis dikenal dengan sebutan mycotic pneumonia, brooder pneumonia atau fungal pneumonia...

Penanganan Cacar Ayam (Fowl Pox)

Fowl pox atau cacar ayam disebabkan oleh virus famili Poxviridae dengan genus Avipox virus.

Lebih Baik Mana, Memelihara Dari Pullet/DOC ?

Pullet adalah ayam ras petelur yang dipelihara dari umur 0-13 minggu atau 0-16 minggu (siap bertelur)...

Perbedaan Telur Ayam Biasa dan Omega

Telur omega-3 dihasilkan oleh ayam petelur yang diberi makanan khusus mengandung lebih banyak omega-3. Omega-3 adalah ...

Siasat Peternak Hadapi Musim Hujan

Memasuki musim penghujan seperti ini, sebaiknya peternak perlu melakukan persiapan yang matang dalam ...