Kenapa Warna Kerabang Telur Berbeda ?

  • Rabu, 25 Mei 2022 15:05
  • Podomoro Feedmill
Lalu, apa yang menyebabkan perbedaan warna pada kerabang telur?...

Kerabang telur adalah pembungkus telur yang terluar dan paling tebal, sifatnya keras serta kaku. Pada kerabang telur terdapat pori-pori yang fungsinya untuk pertukaran gas. Kerabang telur juga mempunyai lapisan luar yang disebut kutikula. Kutikula berfungsi menutup pori-pori sehingga menghambat masuknya mikroba ke dalam telur. Lalu, apa yang menyebabkan perbedaan warna pada kerabang telur?

 

CANGKANG TELUR BERWARNA BEDA KENAPA 

 

Faktor Genetik

 

Penyebab perbedaan warna kerabang telur salah satunya adalah jenis atau spesies dari makhluk hidup. Menurut para ahli, warna telur ayam ditentukan oleh genetika ayam. Jenis ayam betina akan menunjukkan warna telur yang akan dihasilkannya.

Misalnya, ayam Leghorn bertelur putih sedangkan Orpington bertelur coklat dan Ameraucana menghasilkan telur biru. Sementara Olive Egger, ayam yang bertelur hijau zaitun, adalah produk persilangan antara ayam betina dan ayam jantan yang berasal dari telur coklat tapi menghasilkan telur biru.

 

Faktor Lingkungan dan Pola Makan

 

Meski genetika adalah faktor utama yang menentukan warna telur, faktor lain juga dapat memengaruhinya. Misalnya, seiring bertambahnya usia, ayam yang bertelur coklat akan cenderung bertelur lebih besar dan berwarna lebih terang.

Faktor lainnya adalah lingkungan, pola makan, dan tingkat stres ayam yang juga dapat memengaruhi warna cangkang sampai batas tertentu. Faktor-faktor tersebut dapat membuat cangkang lebih terang atau lebih gelap tetapi tidak selalu mengubah warna itu sendiri.

Faktor Pigmen

 

Faktor selanjutnya adalah faktor pigmen dari setiap spesies itu sendiri. Setiap spesies akan menghasilkan pigmen yang berbeda yang akan mempengaruhi warna kerabang telur.

 

1. Warna Telur Putih

 

Kerabang telur awalnya berwarna putih sebelum mengalami pigmentasi. Jika hasil akhir dari telur ternyata berwarna putih, berarti telur tersebut tidak mengalami pigmentasi atau tidak memiliki pigmen.

 

2. Warna Telur Coklat

 

Warna coklat pada cangkang telur disebabkan oleh pigmen yang bernama protoporphyrin IX. Pigmen tersebut berasal dari hemoglobin unggas betina yang melapisi bagian terluar kerabang telur. Hanya melapisi bagian luar, hal ini karena proses pigmentasi coklat berlangsung pada beberapa jam terakhir saat telur melewati uterus.

 

3. Warna Telur Biru

 

Warna kerabang biru disebabakan oleh pigmen biliverdin dari hemoglobin unggas yang diproduksi pada awal perkembangan kulit telur. Pigmen ini menembus hingga lapisan dalam kerabang telur.

 

4. Warna Telur Hijau

 

Warna ini merupakan kombinasi dari pigmen protoporphyrin (coklat) dan biliverdin (biru). Pigmen yang meresap pertama ke kerabang telur adalah biru. Kemudian dilapisi oleh pigmen coklat. Jadilah hasil akhir kerabang telur berwarna hijau muda hingga zaitun tua.

 

Beberapa penelitian menemukan bahwa warna cangkang tidak mempengaruhi kualitas atau komposisi telur secara signifikan. Semoga bermanfaat.

Baca juga : https://podomorofeedmill.com/info/cara-menangani-botulisme-pada-itik