Jenis Ayam Pheasant Terpopuler Di Indonesia

  • Senin, 30 November 2020 15:11
  • Podomoro Feedmill
<p><span style="font-size: 12pt;">Pheasant adalah salah satu jenis ayam hias yang menjadi primadona bagi pecinta ayam hias. Jenis ayam Pheasant ...</span></p>

Pheasant adalah salah satu jenis ayam hias yang menjadi primadona bagi pecinta ayam hias. Jenis ayam Pheasant sudah banyak dikembangbiakkan bahkan diminati oleh masyarakat Indonesia. Ayam Pheasant dijadikan sebagai ajang hobi dan untuk lahan berbisnis. Berikut jenis-jenis ayam Pheasant yang cukup populer di Indonesia.

 

1. Golden Pheasant

 

Golden Pheasant berasal dari Negara Cina, ayam ini disebut ayam Pegar Emas. Ciri khas yang dimiliki Pegar Emas jantan yaitu jambul kuning di ujung kepalanya, bagian dada berwarna merah terang sampai bagian paha. Sedangkan pada bagian wajah sampai leher berwarna cokelat. Warna bulu Golden Pheasant terlihat memukau saat merentangkan sayapnya, seperti kipas dengan kombinasi bintik-bintik hitam dan kuning. 

 

Golden Pheasant 

 

2. Lady Amherst Pheasant

 

Spesies asli ayam ini berasal dari barat daya Tingkok dan di ujung utara Myanmar, saat ini telah menyebar ke suluruh Benua. Bentuk tubuh ayam Lady Amherst Pheasant lebih besar dibandingkan dengan ayam Pegar Emas. Ciri khas yang dimiliki Lady Amherst Pheasant yaitu, bulu pada bagian dada  berwarna putih. Sedangkan pada bulu leher bagian belakang berwarna putih dengan garis tepi hitam serta mahkota/jambulnya berwarna merah. Bulu hijau metalik menghiasi punggung sampai sayapnya.

 

Lady Amherst Pheasant 

 

3. Yellow Pheasant

 

Yellow Pheasant memiliki kesamaan dengan ayam Golden Pheasant, pada warna ring bagian leher berwarna kuning keemasan. Yang membedakannya adalah warna bulu badan dominan warna kuning yang perpadu dengan sedikit warna hitam.

 

Yellow Pheasant 

 

4. Silver Pheasant

 

Sesuai dengan namanya, ayam Silver Pheasant disebut Pegar Perak dengan bulu tubuhnya berwarna silver yang berpadu dengan hitam. Jenis ayam ini termasuk mudah dibedakan jika dibandingkan dengan jenis Pheasant lainnya. Bulu punggungnya berwarna putih keperakan, bagian dadanya yang berwarna hitam dan kepalanya berwarna merah terang.

 

Silver Pheasant 

 

5. Red Pheasant / Red Lady Pheasant

 

Red Pheasant merupakan jenis ayam hasil persilangan antara Lady Amherst Pheasant dengan Golden Pheasant. Hasilnya hampir mirip dengan Golden Pheasant, hanya saja perbedaannya adalah warna ring dan pundaknya berwarna putih.

 

 Red Pheasant / Red Lady Pheasant

 

6. Reeves’s Pheasant

 

Reeves’s Pheasant termasuk dalam jenis ayam longtail (ekor panjang) pheasant, panjang bulu ekor bisa mencapai 2 meter bahkan bisa lebih. Selain memiliki bulu ekor yang panjang, ciri khas dari ayam ini terletak pada bagian mukanya yang seperti memakai topeng.

 

Reeves’s Pheasant 

 

7. Fireback Pheasant/Sempidan

 

Fireback Pheasant atau Sempidan adalah jenis ayam Pheasant endemik asli dari Indonesia. Populasinya tersebar di sebagian pulau Sumatera dan pulau Kalimantan. Ayam ini ditemukan pada beberapa daerah Malaysia. Ada dua perbedaan warna bulu ekor dari jenis ayam ini yaitu, ekor berwarna kuning dan ekor berwarna putih.

 

 

 Fireback Pheasant/Sempidan

 

8. Elliot Pheasant

 

Elliot Pheasant adalah jenis ayam pheasant berasal dari China Selatan dan China bagian timur. Habitat aslinya hidup di pegunungan dan hutan-hutan cemara. Di Indonesia, jenis ayam ini tergolong sangat langka.

 

 Elliot Pheasant

 

 

9. Swinhoe’s Pheasant

 

Taiwan Blue Pheasant itulah sebutan lain dari Swinhoe’s Pheasant. Sebagian orang sering menganggap sebagai simbol negara Taiwan, karena bendera Taiwan berwarna seperti ayam Pheasant ini.

Swinhoe's Pheasant 

 

10. Ringnecked Pheasant

 

Ringnecked Pheasant berasal dari Asia terutama Jepang, sering disebut dengan nama Japanese Pheasant. Namun, ayam Ringnecked Pheasant juga bermigrasi ke daratan benua Amerika. Sehingga, warga Amerika juga mengklaim bahwa jenis Pheasant ini berasal dari Amerika.

 

 Ringnecked Pheasant

 

Jenis ayam Pheasant tersebut merupakan primadona bagi kalangan pecinta ayam hias. Tidak heran jika kepopuleran pheasant mampu menggeser beberapa nama ayam hias lainnya. Semoga Bermanfaat.

 

Artikel sebelumnya mimin membahas tentang Putih dan Kuning telur pada adonan kue yang dipisahkan. Mau tau faktanya seperti apa, kalian bisa langsung cek di Mengapa Pada Adonan Kue, Putih Dan Kuning Telur Dipisahkan?