Jangan Asal Pilih DOC Broiler

  • Sabtu, 22 Agustus 2020 09:08
  • Podomoro Feedmill
<p><span style="font-size: 12pt;">Pemilihan bibit atau DOC (Day Old Chick) broiler yang baik ...</span></p>

Pemilihan bibit atau DOC (Day Old Chick) broiler yang baik merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam beternak ayam broiler. Namun, bagi peternak pemula pemilihan bibit broiler yang baik membutuhkan pengalaman atau pengetahuan khusus. Hingga akhirnya jangan sampai asal pilih DOC broiler yang berujung pada kerugian. Untuk meminimalisir sebuah kerugian tersebut sebaiknya kita perlu mengetahui bagaimana cara memilih DOC broiler yang berkualitas baik, berikut penjelasannya.

 

Cara Memilih DOC Broiler

Berikut persyaratan mutu dan persyaratan khusus DOC broiler (ayam ras pedaging) berdasarkan SNI 4868.1:2013, yang dapat dijadikan acuan dalam memilih DOC broiler yang berkualitas.

 

Persyaratan Mutu

1. Pastikan DOC (anak ayam umur sehari) broiler berasal dari perusahaan pembibitan yang dinyatakan dengan surat keterangan.

2. Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari dokter hewan berwenang.

3. Berasal dari PS (Parent Stock) tipe pedaging yang berumur 24-68 minggu dengan bobot telur tetas minimal 52 gram.

4. Performa DOC broiler berdasarkan umur per minggu harus diinformasikan kepada konsumen secara tertulis.

5. Tingkat kematian DOC broiler maksimum 2%.

 

Persyaratan Khusus 

1. Kondisi fisik DOC broiler (ayam ras pedaging) sehat, kaki normal dan dapat berdiri tegak, paruh normal, tampak segar dan aktif, tidak dehidrasi, tidak ada kelainan bentuk dan tidak cacat fisik, perut tidak kembung, sekitar pusar dan dubur kering serta pusar tertutup.

2. Warna bulu seragam sesuai dengan warna spesifikasinya, kondisi bulu kering dan mengembang.

3. Bobot DOC broiler di penetasan per ekor minimal 35 gram.

 

Bibit Ayam Broiler Dibedakan Menjadi 3 Kelompok 

Secara umum Bibit ayam Broiler dibedakan menjadi tiga kelompok diantaranya DOC broiler Grade A, Grade B serta Grade C atau biasa disebut DOC Polos.

 

DOC Broiler Grade A

Anak ayam umur sehari ini sering dikenal dengan istilah kualitas 1 (kw 1), yang merupakan bibit pilihan dengan bobot 35-40 gram atau lebih dari 40 gram tergantung tipe. DOC broiler ini dijual oleh pabrik atau perusahaan pembibitan dengan harga tinggi, karena merupakan bibit pilihan dengan kualitas terbaik. Kondisi fisik DOC broiler grade A tidak perlu diragukan lagi, karena sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia) yang berlaku.

 

DOC Broiler Grade B

Anak ayam umur sehari ini merupakan bibit hasil sortiran dari DOC broiler grade A, biasannya dengan bobot badan dibawah 40 gram tergantung tipe. Bibit ini bukannya tidak bagus, hanya saja perlu adannya pembagian bibit ayam yang besar dan yang kecil. Sehingga dalam pemeliharaannya akan merata, jika bibit grade A dan B tidak dipilah maka akan memengaruhi pertumbuhan yang tidak seragam.     

 

DOC Broiler Grade C (Polos)

Anak ayam umur sehari kelompok grade C atau sering disebut DOC polos merupakan hasil sortiran dari DOC broiler grade A dan B, bisa dikatakan tingkatan paling bawah. Biasannya DOC broiler polos ini banyak bibit yang kecil dan cacat fisik, sehingga dalam pemasarannya bibit polos harganya lebih murah.  

 

Sebaik apa pun bibit atau DOC ayam broiler jika dalam pemeliharaannya tidak maksimal maka hasilnya pun tidak akan maksimal. Namun, jika bibit ayam dengan kualitas rendah dengan manajemen pemeliharaan maksimal maka tidak menuntut kemungkinan hasilnya akan maksimal. Jika sudah mengetahui cara memilih DOC broiler yang berkualitas baik, maka jangan sampai asal pilih DOC broiler sembarangan. Semoga bermanfaat ya,.