Fakta Unik dan Menarik Si Ayam Jago

  • Senin, 05 September 2022 10:09
  • Podomoro Feedmill
Ayam jago (ayam jantan atau aduan) merupakan salah satu jenis ayam yang populer di Indonesia...

Ayam jago (ayam jantan atau aduan) merupakan salah satu jenis ayam yang populer di Indonesia.  Ayam ini sering di pelihara sebagai hewan peliharaan, penghobi ayam jago, dan sebagai pelengkap sekelompok ternak ayam. Ayam jago mempunyai karakteristik fisik dan tingkah laku berbeda dengan jenis ayam lainnya, terutama ayam betina. Inilah fakta unik dan menarik dari ayam jago.

 

ayam jago 

 

Fakta Unik dan Menarik Ayam Jago

 

1. Perbedaan fisik ayam jago dan betina terlihat dari besarnya jengger, gelambir, serta panjang bulu tubuh.

 

2. Ayam jago mempunyai taji, yaitu bagian tajam yang menonjol ke belakang pada kakinya. Taji ini selalu tumbuh sepanjang hidupnya.

 

3. Rhode Island Red Rooster merupakan ras ayam jago yang paling populer. Ciri umumnya adalah bulu badan yang berwarna merah kecoklatan.

 

4. Tidak hanya saat fajar, beberapa ayam jago berkokok sepanjang hari. Namun, ada juga ayam jago yang sedikit berkokok.

 

5. Ayam jago dapat menjadi pelindung bagi ayam betina dan sekelompok ternak ayam, terutama melindungi dari pemangsa.

 

6. Ayam jago terkenal agresif setelah dikawinkan. Oleh karena itu, ada ajang adu (laga) ayam di beberapa negara di dunia.

 

7. Ayam jago menari secara lucu untuk menunjukkan sumber makanan kepada sekelompok ayam dan untuk menarik perhatian ayam betina.

 

8. Ayam jago termasuk omnivora (pemakan  segala). Ayam jago bisa memakan buah-buahan, biji-bijian, cacing, serangga, hingga siput.

 

Filosofi Ayam Jago

 

Ayam jago adalah hewan teritorial, yaitu hewan yang memiliki wilayah kekuasaan pada suatu tempat yang ia tinggali. Ayam jago memiliki banyak filosofi spiritual, kepercayaan hingga budaya dari berbagai negara.

 

Menurut berbagai kepercayaan agama dan budaya, ayam jago melambangkan ketaatan, kejantanan, keberanian, kejujuran, kehati-hatian, kebanggaan, kekuatan, kepositifan, antusiasme, dan seksualitas.

 

Misalnya, dalam zodiak Cina, ayam jago berada di urutan ke-10 dari siklus 12 tahun dan melambangkan kesetiaan dan ketepatan waktu. Ayam jago juga dikenal sebagai hewan nasional Prancis. Ayam jago juga menjadi lambang untuk dekorasi bergaya pedesaan Prancis. Semoga bermanfaat.