Fakta Unik Ayam Dong Tao Kaki Naga

  • Selasa, 17 Mei 2022 13:05
  • Podomoro Feedmill
Ayam Dong Tao memiliki julukan ayam kaki naga atau ayam kaki gajah, karena...

Ayam Dong Tao adalah unggas endemik yang berasal dari Distrik Khoai Chau atau sekitar 30 kilometer dari ibukota Vietnam, Hanoi. Ayam Dong Tao memiliki julukan ayam kaki naga atau ayam kaki gajah, karena memiliki bentuk cakar (kaki) yang besar dan berwarna kemerahan. Saat ini, di Indonesia ayam kaki naga masih jarang di kembangbiakkan oleh para penghobi ayam hias. Jadi tidak heran bila harga ayam Dong Tao sangat fantastis. Inilah fakta unik si ayam kaki naga dari Vietnam.

 

ayam dong tao dari vietnam 

 

Fakta Unik, Ayam Kaki Naga

 

si ayam kaki naga atau kaki gajah 

 

1. Ayam Dong Tao selain disebut kaki naga, juga banyak menyebutkan ayam yang terserang penyakit kaki gajah. Bagi orang biasa pasti juga mengira bahwa ayam tersebut terkena penyakit kaki gajah. Padahal memang jenis ayam Dong Tao memiliki kaki yang besar. 

 

2. Bobot ayam Dong Tao dewasa mencapai 5-6 kg dengan pergelangan kaki yang tebalnya hampir menyerupai pergelangan tangan manusia.

 

3. Ayam Dong Tao tergolong langka dan sulit dikembangbiakkan. Selain sensitif pada perubahan cuaca, jumlah telur yang dihasilkannya juga lebih sedikit dari ayam biasa.

 

4. Kaki yang besar dan tebal membuat ayam Dong Tao kesulitan untuk mengerami telurnya. Sehingga kesuksesan proses penetasan harus dibantu oleh peternak.

 

5. Harga ayam Dong Tao dewasa bisa mencapai 16 juta, sedangkan untuk harga anakan ayam Dong Tao sekitar 1 juta. Menurut beberapa sumber lainnya, sepasang ayam ini bisa dihargai lebih dari Rp300 juta. Harganya semakin tinggi tergantung dari tingkat ketebalan cakarnya (keunikannya).

 

6. Dulunya, ayam Dong Tao hanya dikembangbiakkan secara eksklusif untuk konsumsi keluarga kerajaan. Saat ini, ayam Dong Tao sudah tersedia di beberapa restoran - restoran mahal vietnam.

 

7. Terlebih menjelang tahun baru Vietnam, harga ayam ras ini akan semakin naik seiring banyaknya permintaan.

 

8. Pada perkembangannya, ayam Dong Tao dijadikan sebagai salah satu simbol negara Vietnam. Maka tidak jarang jika ayam ini sering kali dilibatkan dalam berbagai ritual adat istiadat dan acara besar masyarakat Vietnam.

 

Cara Pemeliharaan Ayam Dong Tao

 

Pakan merupakan salah satu hal penting dalam proses pemeliharaan. Pakan ayam Dong Tao sangat mudah karena jenis pakan yang diberikan sama dengan jenis ayam biasanya. Bisa diberikan konsentrat, bekatul, biji-bijian jagung, dan Voer. Kebersihan kandang tetap diutamakan agar tidak terserang penyakit. Dalam beternak ayam Dong Tao dibutuhkan ketelatenan dan keuletan. Sebagai ayam hias, perawatan pada kaki Dong Tao juga harus dilakukan. Jenis ayam ini sedikit sulit dalam menetaskan karena kaki nya yang besar. Jadi harus dibantu oleh para peternak.

 

Semoga bermanfaat.

 Baca juga : https://podomorofeedmill.com/info/pentingnya-pakan-ayam-berkualitas