Daya Tarik Industri Peternakan Ayam Broiler di Indonesia

  • Senin, 05 Desember 2022 23:12
  • Podomoro Feedmill
Bagaimana bisa industri peternakan ayam broiler di Indonesia begitu banyak di minati ?, tidak hanya dari budidayanya (peternak) namun juga dari permintaan pasarnya..

Ayam broiler atau ayam ras pedaging adalah jenis ras unggulan hasil persilangan dari bangsa-bangsa ayam yang memiliki daya produktivitas tinggi, terutama dalam memproduksi daging ayam. Ayam broiler merupakan hasil perkawinan silang dengan sistem berkelanjutan sehingga mutu genetiknya bisa dikatakan baik. Lalu, bagaimana bisa industri peternakan ayam broiler di Indonesia begitu banyak di minati ?, tidak hanya dari budidayanya (peternak) namun juga dari permintaan pasarnya (konsumen).

 

Industri peternakan Ayam 

 

Daya Tarik Peternakan Ayam Broiler di Indonesia

 

Inilah tujuh alasan mengapa industri peternakan ayam broiler memilik daya tarik yang cukup tinggi di Indonesia.  

 

1. Permintaan Pasar Tinggi 

 

Keunggulan ayam broiler yang pertama adalah tingginya permintaan pasar. Selain mudah didapatkan, harga ayam broiler yang terjangkau membuat permintaan pasar akan ayam broiler tergolong tinggi dan stabil. Mengingat ayam broiler siap dipotong pada usia muda serta menghasilkan kualitas daging berserat lunak.

 

2. Dibutuhkan Dalam Skala Besar 

 

Menjadi salah satu bahan konsumsi dengan permintaan tinggi, maka tidak heran jika ayam broiler dibutuhkan dalam skala besar.

 

Mulai dari bibit, hingga ayam broiler siap panen memang biasa dibeli dalam skala besar. Ayam broiler biasanya dicari oleh para pengusaha kuliner sebagai bahan masakan. Banyaknya variasi masakan berbahan ayam dan juga jumlah warung atau resto di semua daerah membuat kebutuhan akan ayam broiler juga tinggi. 

 

3. Pertumbuhan Cepat 

 

Berbeda dari ayam ras lainnya, ayam broiler tergolong memiliki pertumbuhan (produksi daging) yang relatif cepat dan singkat. Dalam usia 4-5 minggu saja, ayam broiler sudah mencapai bobot 2 kg dan siap dipanen (dipasarkan atau dikonsumsi).

 

 

 

4. Cash Flow Tinggi 

 

Bukan rahasia lagi bahwa perputaran uang atau cash flow dalam bisnis ayam broiler termasuk cepat. Hal ini didukung oleh pertumbuhan dan umur panen ayam broiler yang singkat. Begitu juga kebutuhan pasar dengan skala besar yang stabil. 

 

5. Peluang Pengembangan Bisnis Besar 

 

Bisnis ayam broiler memiliki peluang besar untuk berkembang. Permintaan pasar akan daging ayam yang stabil, serta perputaran uang dan waktu pemeliharaan yang cepat membuat bisnis ini menjanjikan. Saat ini banyak farm yang telah berkembang dalam industri perunggasan, sehingga mudah dalam mencari mitra bisnis. 

 

6. Indonesia Cocok untuk Budidaya Ayam Broiler 

 

Ayam broiler adalah ayam yang sensitif terhadap suhu dan kelembaban. Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki suhu yang relatif hangat. Sehingga, pertumbuhan ayam broiler menjadi optimal. 

 

7. Relatif Mudah Dibudidayakan 

 

Keunggulan lain dari ayam broiler adalah mudah untuk dibudidayakan. Berprinsip penggemukan, peternak cukup memperhatikan pemilihan dan pemberian pakan yang tepat serta melakukan manajemen pemeliaraan yang maksimal.

 

Untuk mencegah dari penularan penyakit, biosecurity dan juga vaksinasi sebaiknya harus dilakukan. Semoga bermanfaat.