Cara Thawing Daging Ayam

  • Kamis, 29 Juli 2021 11:07
  • Podomoro Feedmill
Istilah “Thawing” adalah proses mencairkan bahan makanan yang beku seperti daging dan...

Istilah “Thawing” adalah proses mencairkan bahan makanan yang beku seperti daging dan ikan. Kenyataannya, tidak semua bahan makanan yang beku dapat dithawing atau dicairkan melalui proses yang sama. Jika proses thawing salah, akan muncul mikroorganisme (bakteri) yang mengakibatkan kualitas bahan makanan berubah dan cepat membusuk. Berikut cara thawing daging ayam beku yang benar menurut Podomoro Feedmill.

 

Thawing Dalam Lemari Es (Chiller)

 

Cara thawing daging ayam beku yang paling aman yaitu, di lemari es pada sisi chiller/refrigerator/kulkas pendingin. Pastikan daging ayam beku masih terbungkus plastik dan letakan di mangkuk atau piring, agar cairannya tidak membasahi atau mengkontaminasi bahan makanan lain di kulkas. Biasanya kulkas pendingin di suhu sekitar 4-8 derajat celcius. Namun, proses thawing dengan cara ini terbilang lama, karena potongan daging ayam beku dapat mencair setelah 24 jam tergantung dari besarnya potongan. Sementara, tiap 0,5 kg daging ayam beku membutuhkan waktu 5-8 jam. Tanda daging sudah mencair sempurna adalah sudah tidak tampak bunga es.

 

Thawing Pada Air Keran

 

Thawing daging ayam beku pada air keran, dengan cara direndam atau sambil dialiri air keran dengan suhu 25-28 derajat celcius sampai benar-benar tidak beku. Sebelumnya, bungkus daging ayam beku ke dalam plastik dengan rapat dan kedap udara. Selanjutnya, letakkan daging ayam beku dalam wadah yang dapat menampung seluruh permukaan daging. Isi wadah dengan air bersuhu normal dan pastikan seluruh daging ayam beku tenggelam. Ketika menggunakan teknik direndam, maka ganti air setiap 30 menit. Untuk mencairkan 0,5 kg daging ayam beku dibutuhkan waktu 1 jam.

 

Jika menggunakan teknik dialiri dengan air keran, maka daging ayam beku juga harus terbungkus plastik rapat, kemudian dialiri dengan air bersuhu normal (air keran) sampai benar benar tidak beku.

 

Thawing Dengan Microwave

 

Thawing daging ayam beku dengan cara ini adalah dengan menghangatkannya dengan microwave. Ini merupakan cara tercepat karena waktu yang dibutuhkan hanyalah beberapa menit saja. Suhu yang digunakan untuk mencairkan daging ayam beku dalam microwave sekitar 40-60 derajat celcius. Setelah dicairkan dengan microwave sebaiknya langsung diolah, karena dapat menyebabkan sebagian daging mungkin sudah termasak saat dipanaskan dengan microwave dan untuk menghindari berkembangnya mikroorganisme.

 

Jangan Lakukan Ini Ketika Thawing

 

1. Hindari mencairkan daging ayam beku di tempat terbuka, agar daging ayam tidak terkontaminasi oleh bakteri.

2. Selain itu, jangan melakukan pembekuan kembali ayam yang telah mengalami proses thawing sebelumnya. Supaya tidak melakukan proses thawing kembali, maka sebelum melakukan thawing sebaiknya pembekuan ayam di lemari es dipisahkan ke dalam beberapa porsi yang lebih kecil. Sehingga, ketika akan memasak hanya mengambil bagian ayam sesuai porsi yang diinginkan.

3. Pastikan ketika ayam sudah tidak membeku segera memasaknya, karena bakteri berkembang dengan sangat cepat di suhu ruangan.   

4. Ketika membeli daging ayam dan biasanya cukup lama berada di suhu ruangan, maka segera dimasak atau langsung dibekukan. 

 

Semoga Bermanfaat. 

 

Baca juga : Cara simpan ayam marinasi tahan lama