Bahaya Telur Busuk Bagi Kesehatan

  • Jumat, 22 Juli 2022 10:07
  • Podomoro Feedmill
Telur merupakan salah satu jenis makanan kaya nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Hal menarik dari telur...

Telur merupakan salah satu jenis makanan kaya nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Hal menarik dari telur terkadang sulit dideteksi mana telur yang membusuk (kedaluwarsa) atau yang masih segar. Saat membeli telur atau olahan telur tidak disadari beberapa telur yang dibeli sudah kedaluwarsa akhirnya ikut termakan. Lalu, apakah telur busuk tersebut berbahaya bagi kesehatan?  

 

Waspada Telur Busuk, Pilih Telur Segar 

 

Dampak Konsumsi Telur Busuk 

 

1. Diare

 

Mengonsumsi telur busuk selain perut merasa mual dan muntah, juga dapat mengakibatkan diare. Gejala ini dapat timbul sekitar dalam waktu 12-15 jam setelah mengonsumsi telur busuk. Namun sebelum mengonsumsinya, telur busuk dapat diketahui dengan mencium baunnya yang tidak enak. Telur busuk mengandung gas hidrogen sulfida (H2S), yang membuat aroma telur tidak sedap.

 

2.  Sakit Kepala

 

Bahkan mengonsumsi telur busuk mampu mengakibatkan gejala sakit kepala, keram perut, hingga demam yang dapat dirasakan saat tidak sengaja mengonsumsinya. Jika sudah terlanjur mengonsumsinnya, maka segera pergi ke pusat kesehatan terdekat atau konsultasi ke dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut.

 

3.  Masalah Kulit

 

Masalah kulit yang dapat timbul saat tidak sengaja mengonsumsi telur busuk adalah gatal-gatal. Rasa gatal tersebut dapat muncul di bagian tertentu atau di seluruh tubuh. Bahkan jika semakin parah, gatal tersebut bisa saja disertai dengan timbulnya jamur kulit.

 

4.  Infeksi Salmonella

 

Jika tidak sengaja dalam mengonsumsi telur busuk, akan sangat tinggi risikonya untuk terkena bakteri. Bakteri yang terdapat pada telur busuk misalnya adalah bakteri salmonella. Telur yang terkontaminasi bakteri salmonella dapat menyebabkan penyakit tipes. Dikarenakan invasi bakteri kedalam pembuluh darah serta gastroenteritis, yang disebabkan oleh keracunan makanan.

 

5.  Infeksi Listeriosis

 

Bahaya lain yang ditimbulkan mengonsumsi telur busuk adalah terkena infeksi listeriosis. Infeksi listeriosis yakni penyakit infeksi yang berbahaya, karena memakan makanan yang terkontaminasi oleh bakteri. Bakteri ini dapat hidup pada daging yang kurang matang, telur dan produk susu.

 

Bagi Ibu hamil, listeriosis ini sangat membahayakan bagi calon bayi. Karena, dapat menyebabkan kelahiran yang premature, keguguran atau kematian janin setelah kelahiran. Seseorang dengan daya tahan tubuh yang menurun juga dapat berisiko terkena infeksi listeriosis.

 

Telur busuk yang dikonsumsi ternyata sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh. Mulai sekarang mari hidup sehat dengan mengonsumsi telur dengan kualiatas yang baik, agar nutrisi dari telur mampu terserap dengan optimal di dalam tubuh. Semoga bermanfaat.