Ayam Serama, Si Mungil Memesona

  • Sabtu, 14 November 2020 15:11
  • Podomoro Feedmill
<p><span style="font-size: 12pt;">Ayam Serama merupakan salah satu jenis ayam hias yang sudah banyak dipelihara di Indonesia. Ayam Serama memiliki ...</span></p>

Ayam Serama merupakan salah satu jenis ayam hias yang sudah banyak dipelihara di Indonesia. Ayam Serama memiliki bentuk badan yang cantik dan mungil. Ayam serama dikenal sebagai “The Smallest Bantam Chicken” yang telah diakui oleh American Poultry Association (APA) dan American Bantam Association (ABA) sebagai ayam terkecil di dunia. Untuk mengetahui jenis Ayam Serama yang memesona ini, berikut penjelasannya.

 

Asal Usul Ayam Serama

 

Ayam Serama merupakan ayam hias yang berasal dari Malaysia. Nama “serama” pada Ayam Serama diambil dari tokoh Sri Rama dalam cerita Ramayana, selain itu ayam ini bertingkah seperti raja dengan dada membusung dan gagah.

 

Ayam Serama merupakan hasil persilangan yang dilakukan oleh warga Malaysia melalui banyak percobaan. Persilangan pertama pada tahun 1973, antara Ayam Kapan dan Ayam Silkie. Karena belum sesuai harapan, maka dilakukan persilangan kedua pada tahun 1980, antara Ayam Kapan bertubuh kecil dengan Ayam Kate dari Jepang. Dilanjutkan persilangan ketiga pada tahun 1988, antara ayam hasil persilangan kedua dengan Ayam Kate Jepang pilihan.

 

Hasil persilangan ketiga telah diperoleh pada tahun 1990 yaitu ayam liliput dengan berat 500 gram, sekarang dikenal dengan sebutan Ayam Serama.

 

Karakteristik Ayam Serama

 

Penampilan Ayam Serama memang seperti Ayam Kate, namun Ayam Serama mempunyai karakteristik tersendiri. Dengan ciri-ciri, Ayam Serama mampu berdiri tegak, dada terlihat membusung, sayap tegak lurus, kepala tegak, bahkan melengkung kebelakang hampir menyentuh ekor yang sedang mengembang ke atas dan lurus. Postur tubuh yang mungil dan dadanya yang membusung membuat ayam ini semakin menarik dan berbeda dari jenis ayam lainnya.

 

Jenis-jenis Ayam Serama

 

Secara umum Ayam Serama dibedakan menjadi 3 tipe/jenis. Namun, saat ini berkembang jenis baru ayam serama hasil persilangan yang menghasilkan ayam serama dengan kualitas beragam.

 

1. Tipe Apel (Bold)

 

Jenis Ayam Serama Apel atau Bold, dikenal pada tahun 2003 sampai 2004. Memiliki bentuk tubuh yang bulat dan kaki yang pendek. Jenis Ayam Serama Apel ketika badannya dalam posisi tegap dan membusung, maka kepalanya bisa tertarik ke belakang.

 

2. Tipe Slim

 

Ayam Serama Slim, memiliki bentuk tubuh yang tegap. Sempat menjadi primadona oleh kalangan penyuka ayam hias selama hampir 10 tahun.

 

3. Tipe Ideal

 

Ayam Serama Ideal merupakan jenis Ayam Serama yang cukup sempurna. Kekurangan dari Ayam Serama Apel dan Ayam Serama Slim memunculkan keinginan pecinta ayam hias untuk membentuk jenis Ayam Serama Ideal. Ayam Serama Ideal memiliki tubuh ramping dan memiliki dada yang besar. Saat ini, Ayam Serama Ideal dikenal sebagai ayam hias untuk ajang kontes.

 

Ayam Serama memiliki nilai ekonomis yang tinggi untuk dikembangkan sebagai ayam hias kontes. Potensi budidaya Ayam Serama memang sangat menjanjikan. Ayam jenis ini harganya mencapai puluhan hingga ratusan juta apabila pernah memenangkan kontes. Semoga Bermanfaat.