Ayam Poland, Si Ayam Berjambul Unik


2021-11-25


Ayam poland atau ayam jambul merupakan salah satu jenis ayam hias yang berasal dari luar negeri. Banyak yang menyangka bahwa ayam poland berasal dari Polandia. Padahal, ayam poland banyak ditemui dibeberapa negara seperti Irak, Belanda, dan Prancis. Selain itu, banyak referensi yang berspekulasi mengenai habitat asli ayam poland. Sebagian referensi menyebutkan ayam poland berasal dari kawasan timur Eropa, terutama Rusia.

 

 

 

Ciri-ciri Ayam Poland

 

Ayam poland dikategorikan sebagai jenis unggas ayam hias. Ciri khas ayam poland yang dominan dan unik adalah jambul di kepalanya yang bisa ditata rapi. Jambul pada ayam poland memiliki beberapa bentuk beragam dan cenderung menutupi bagian mata. Bulu yang dimiliki ayam poland termasuk lebar, dengan tekstur yang lembut dan juga tebal. Postur tubuh ayam poland lebih pendek dibandingkan ayam biasa (kampung) dengan dada membusung. Paruh pada ayam poland terlihat cerah dan bersih.

 

Jenis Ayam Polland

 

 

 

Jenis ayam poland memang banyak, karena sudah dipersilangkan dengan ayam hias jenis lain yang memiliki keunikan bulu tersendiri. Beberapa jenis ayam poland yang cukup terkenal adalah, ayam poland kapas, ayam poland asli, ayam poland batik, ayam poland jambul, ayam poland tanduk, ayam poland putih, ayam poland jambul mahkota, ayam poland walik, ayam poland three colour, dan ayam poland silangan lainnya.

 

Membedakan Ayam Poland Jantan dan Betina

 

 

 

Membedakan ayam poland jantran dan betina cukup dengan melihat pada bagian jenggernya. Pada poland jantan memiliki bentuk jengger menyerupai tanduk (bentuk V) dengan warna merah. Sedangkan untuk jenis betina, jenggernya tidak terlihat sebab tertutup bulu jambul. Hal lain yang membedakan dari ayam poland jantan yaitu pialnya memiliki warna merah dan juga menggantung di dagu. Postur poland jantan lebih besar dibandingkan dengan poland betina

 

Makanan Ayam Poland

 

Untuk pakan ayam poland dapat diberikan campuran voer, konsentrat, serta jagung giling. Letakkan makanan poland pada wadah khusus dengan posisi agak tinggi sehingga ayam poland mudah untuk mengambilnya. Usahakan pakan yang diberikan tidak mengenai bagian jambul ayam. Selain akan membuat kotor, juga memudahkan jambul terkena jamur.

 

Berapa Harga Ayam Poland ?

 

Ayam poland mempunyai harga yang berbeda, tergantung dari usia, jantan/betina, dan kualitas jambul serta bulunya. Untuk harga ayam poland dewasa sekitar Rp 500.000 per ekor. Harga ayam poland betina (indukan) sekitar Rp 450.000 per ekor. Harganya juga bergantung dari kualitas telur yang dihasilkan. Sedangkan harga anak ayam poland sekitar Rp 125.000 - Rp 150.000 per ekor.

 

Semakin bagus kualitas bulu dan jambul maka semakin mahal harga ayam poland. Misalnya, ayam poland yang sudah mengikuti dan memperoleh kejuaraan ajang kontes ayam hias.

 

Untuk menjaga kesehatan ayam, dapat diberikan vitamin secara berkala. Aplikasi vitamin bisa lewat air minum atau pakan. Untuk ayam usia 1 bulan dapat diberikan vaksin ND dan vaksin Avian Influenza. Pemberian vaksin dilakukan saat ayam dalam kondisi sehat. Semoga bermanfaat.

Baca juga : https://podomorofeedmill.com/info/perbedaan-vaksin-aktif-dan-inaktif-pada-ayam

 

 

 

 

 

 



Share Whatsapp

Isikan Komentar Anda


Info Lain

Ternak Sistem "Longyam"

Budidaya Ayam Sistem Longyam bagi mayoritas peternak adalah impian karena hasilnya memberikan keuntungan ganda. Sistem Longyam adalah sistem

Malaria Like Disease (Leucocytozoon sp.)

Banyak kejadian penyakit yang ditimbulkan oleh virus, jamur, bakteri dan protozoa....

Ascaridia galli, Penyakit Primadona Pada Usus Ayam

Perhatian Peternak seringkali tertuju pada penyakit viral, bakterial dan mikotoksin. Namun, 

Sesuaikan Ragam Jenis Pemanas dengan Kebutuhan Kandang

Brooding adalah dimana masa DOC membutuhkan penghangat

Faktor Penyebab Perhitungan Daging Karkas Ayam Berubah

Ayam karkas adalah ayam yang sudah dibului, dipotong kepala dan kakinya,...

Analisa Perhitungan Ternak Ayam Untuk Pemula

Perlu diketahui, dalam memulai bisnis ternak ayam joper sebaiknya menganalisa dengan kapasitas 100 ekor. Alasan memulai usaha dengan 100 ekor...