Apakah Telur Asin Bisa Busuk ?

  • Sabtu, 10 September 2022 14:09
  • Podomoro Feedmill
Namun masih banyak yang belum tahu, apakah telur bebek setelah dijadikan telur asin bisa busuk ?...

Telur asin merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Biasanya, telur asin dijadikan lauk untuk makan atau diolah dengan makanan lainnya. Telur asin kaya akan protein dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Namun masih banyak yang belum tahu, apakah telur bebek setelah dijadikan telur asin bisa busuk ?

 

Nutrisi dan Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan Tubuh

 

Di Indonesia, telur asin dibuat dengan menggunakan telur bebek. Secara tampilan, telur bebek lebih besar dibanding telur ayam, dan warnanya hijau kebiruan. Manfaat telur asin bagi kesehatan cukup banyak. Mulai dari membantu regenerasi sel, bantu cegah anemia, meningkatkan fungsi penglihatan, mencegah masalah tulang, hingga meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Dikutip dari Data Komposisi Pangan Indonesia (DKPI), inilah kandungan zat gizi dalam 100 gram telur asin dengan kalori telur asin adalah sebesar 179 kkal.

kandungan nutrisi telur asin 

 

 

Tips Menyimpan Telur Asin Tahan Lama

 

1. Telur asin yang mentah maupun yang sudah matang, mampu bertahan hingga 10 hari di suhu ruang dan maksimal satu bulan jika di lemari es.

2. Agar tidak cepat busuk, simpan pada ruang dengan sirkulasi udara yang baik.

3. Jika disimpan di suhu ruangan, simpan secara terbuka. Misalnya di dalam mangkuk atau keranjang terbuka.

4. Jangan masukkan ke kemasan plastik yang tertutup rapat. Akan cepat basi karena lembab.

 

Cara Pilih Telur Asin Yang Bagus

 

Cara memilih telur asin berkualitas gampang-gampang susah. Sebab, hanya dapat dilihat dari kulit atau cangkangnya saja. Berikut cara memilih telur asin yang bagus.

 

1. Saat membeli telur asin matang sebaiknya amati kulit atau cangkangnya. Telur asin yang bagus umumnya memiliki kulit berwarna biru muda dan tidak kusam. Sementara, telur asin yang kurang baik warna cangkangnya cenderung kusam dan terlihat berbintik.

 

Selain itu, pastikan pula untuk memilih telur asin yang mulus dan tidak retak. Terutama jika ingin menyimpannya untuk stok. 

2. Jika membeli telur asin yang masih mentah atau belum direbus, sebaiknya pilih yang terasa berat. Hal ini merupakan tanda bahwa telur asin tersebut masih baru. Sebagai tambahan, telur asin yang bagus adalah telur yang masih berusia 10 hari dalam suhu ruangan. Oleh karena itu, konsumen bisa menanyakan kepada penjual perihal usia telur asin tersebut, jika tidak terdapat label kemasan.

3. Cara memilih telur asin akan lebih mudah jika sudah dibelah. Umumnya, telur asin yang bagus memiliki kuning telur yang berada tepat di bagian tengahnya. Warnanya kuning telurnya terlihat oranye terang dan tidak kusam. Selain itu, tekstur kuninganya juga terasa lembut dan aromanya tidak amis atau tercium bau busuk. 

Meskipun kaya akan nutrisi, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk telur asin. Protein, vitamin, dan mineral dalam telur asin memang memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh. Namun, tetap pastikan untuk mengonsumsi telur asin secukupnya. Selalu imbangi juga dengan konsumsi makanan bernutrisi lainnya. Semoga bermanfaat.