Pahami Penyemprotan Desinfektan Secara Efektif, Cegah Covid 19

  • Selasa, 07 April 2020 10:04
  • Podomoro Feedmill
<p><span style="font-size: 14pt;">Penyebaran Virus Corona atau COVID-19 yang belum kunjung reda membuat masyarakat semakin waspada. Masyarakat pun</span></p>

Penyebaran Virus Corona atau COVID-19 yang belum kunjung reda membuat masyarakat semakin waspada. Masyarakat pun melakukan berbagai cara untuk mencegah penularan Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyemprotkan desinfektan di rumah, perkantoran, dan fasilitas umum lainnya. Yang jadi pertanyaan, perlukah tindakan tersebut untuk pencegahan Virus Corona? Nah,, sebelumnya harus mengetahui apa yang dimaksud dengan Desinfektan dan Disinfeksi.

 

Penyemprotan Desinfektan (Disinfeksi)

Disinfeksi merupakan proses menghilangkan atau membunuh segala hal terkait mikroorganisme (baik virus dan bakteri) pada objek permukaan benda mati. Sedangkan Desinfektan adalah Bahan aktif yang digunakan dalam disinfeksi. Setelah mengetahui apa itu desinfektan, maka sangat di anjurkan melakukan penyemprotan desinfektan di lingkungan sekitar termasuk rumah. Dan sampai saat ini penyemprotan desinfektan untuk menangkal virus corona (COVID-19) giat dilakukan pemerintah dan juga secara mandiri oleh masyarakat.  

Tapi sangat perlu diketahui bahwa proses ini (Penyemprotan Desinfektan) memiliki dampak kesehatan seperti menimbulkan bau dan mengiritasi tangan bahkan mengganggu pernapasan. Agar penyemprotan efektif biasanya petugas harus mencuci tangan yang bersih, menggunakan sarung tangan dan menggunakan pakaian khusus untuk melindungi tubuh. Sehingga bijaksanalah dalam pemilihan bahan baku Penyemprotan Desinfektan, yang aman untuk keluarga dan anggota keluarga lainnya.

 

Pentingnya Desinfektan

Proses disinfeksi (penyemprotan desinfektan) memang efektif membunuh virus. Sehingga Bahan baku Desinfektan banyak dicari oleh masyarakat. Menurut para ahli, Pentingnya Desinfektan dalam proses penyemprotan dirumah, perkantoran ataupun fasilitas umum memang dianjurkan, karena virus corona bisa bertahan pada benda mati. Bahkan di udara hingga beberapa jam. Untuk benda- benda ataupun jaringan hidup, dengan penggunaaan Desinfektan kandungan Benzoalkonium Chloride (BKC) dapat berfungsi untuk membunuh jamur, virus, serta mikroorganisme yang lain. Bahan tersebut merupakan zat kimia yang berfungsi sebagai antiseptik jika digunakan dalam konsentrasi rendah. Tetapi juga dapat berfungsi sebagai disinfektan jika digunakan dalam konsentrasi tinggi.

 

Protektif Personal

Selain penyemprotan disinfektan, ada langkah sederhana untuk memutus penyebaran virus corona. Caranya, melalui aspek protektif personal yakni cuci tangan. Cuci tangan bisa menggunakan hand sanitizer dari bahan Benzoalkonium Chloride (BKC) dengan konsentrasi rendah agar menjadi antiseptik yang aman untuk jaringan hidup (kulit,tangan dll).