Egg Tray Plastik atau Egg Tray Daur Ulang

  • Rabu, 08 Juli 2020 14:07
  • Podomoro Feedmill
<p><span style="font-size: 12pt;">Egg tray atau biasa disebut dengan tatakan telur, merupakan tempat penyimpanan telur konsumsi/bibit ketika di peternakan atau saat</span></p>

Egg tray atau biasa disebut dengan tatakan telur, merupakan tempat penyimpanan telur konsumsi/bibit ketika di peternakan atau saat di transportasikan. Selain itu, Egg tray berfungsi sebagai wadah untuk meletakkan telur agar tidak mudah pecah saat dibawa, dan menjadi lebih mudah dalam proses pengambilan/pemisahan telur yang baik atau rusak. Namun, saat ini egg tray menjadi kebutuhan yang wajib ada untuk para peternak/pengusaha telur. Banyak sekali pilihan egg tray dipasaran yang digunakan sesuai kebutuhan, salah satunya egg tray plastik dan egg tray kertas daur ulang.

 

Egg Tray Plastik

Pada dasarnya fungsi egg tray semua sama, hanya saja yang membedakan adalah bahan bakunya. Egg tray plastik terbuat dari bahan plastik, isi telur pada egg tray plastik bermacam-macam, ada yang berjumlah 30 biji/tray, 8 biji/tray, dan semua itu tergantung dari desain egg tray. Jika memakai egg tray plastik, maka bisa bertahan lama dan dapat digunakan berulang kali. Hal ini menjadikan harga egg tray plastik lebih mahal dibandingan egg tray kertas/kardus dan sejenisnya. Tapi jika dihitung dengan jangka panjang, egg tray plastik sebenarnya lebih hemat sebagai investasi alat penunjang oleh peternak/pengusaha telur. Disisi lain, penggunaan egg tray plastik yang digunakan berulang kali harus sesering mungkin dibersihkan dan didesinfeksi. Hal ini untuk meminimalisir penularan penyakit seperti Egg Drop Syndrome yang terbawa melalui egg tray.   

 

Egg Tray Kertas Daur Ulang

Egg tray kertas daur ulang saat ini telah banyak digunakan di pasar-pasar tradisional atau di warung sebagai wadah meletakkan telur. Sesuai dengan namanya, egg tray kertas daur ulang terbuat dari bahan kertas, karton, kardus dan sejenisnya yang sudah tidak terpakai, kemudian di daur ulang menjadi egg tray. Untuk egg tray kertas memiliki keuntungan tersendiri, yaitu harga lebih murah dibandingkan egg tray plastik. Selain itu, egg tray daur ulang dapat menjaga suhu telur tetap stabil agar tidak memengaruhi kualitas telur. Memanfaatkan kertas daur ulang sebagai bahan baku egg tray, akan mengurangi populasi limbah kertas yang dapat mencemari lingkungan. Namun, egg tray kertas daur ulang tidak tahan lama seperti egg tray plastik.

 

Egg tray plastik maupun egg tray kertas daur ulang memunyai kelebihan dan kekuranganya masing masing. Semua itu tergantung dari para penggunanya, namun harus tetap memastikan kebersihan dari egg tray tersebut sebelum dipergunakan. Semoga bermanfaat.