• Sabtu, 26 Agustus 2023 14:08
  • Podomoro Feedmill

MENGAPA WARNA YOLK TELUR AYAM BERBEDA?

Telur merupakan bahan pangan yang padat gizi dan mudah didapat. Berbagai jenis nutrisi terkandung di dalam telur mulai dari protein, lemak, vitamin sampai dengan mineral. Bahkan telur mengandung protein dengan kandungan lengkap sepuluh asam amino esensial dalam jumlah yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang optimal.


Faktor yang Mempengaruhi Warna Yolk

 

1. Konsentrasi Karotenoid Dalam Ransum

Senyawa yang menyebabkan yolk berwarna kuning adalah karotenoid. Karotenoid adalah pigmen yang berwarna kuning, oranye dan merah yang larut dalam lemak. Warna yolk dipengaruhi oleh konsentrasi dan laju deposisi masing-masing karotenoid dalam ransum.

 

2.  Genetik

Warna yolk dipengaruhi oleh karakteristik strain unggas. Hal ini berkaitan dengan kemampuan masing-masing strain untuk mendeposisikan karotenoid dari ransum menuju yolk.

 

3. Kandungan Nutrisi Ransum

Pigmen karotenoid terlarut dalam lemak dan absorpsinya di dalam tubuh unggas paralel dengan absorpsi lemak.

 

4. Perkandangan

Sistem perkandangan yang berbeda dapat mempengaruhi kuantitas dan kualitas telur yang dihasilkan. 

 

5. Penyakit

Penyakit yang dapat mengganggu fungsi saluran pencernaan misalnya mikotoksikosis dan koksidiosis dapat menurunkan penyerapan pigmen di usus dan menurunkan warna yolk.

Telur merupakan bahan pangan yang padat gizi dan mudah didapat. Berbagai jenis nutrisi terkandung di dalam telur mulai dari protein, lemak, vitamin sampai dengan minera..