• Sabtu, 29 Juli 2023 11:07
  • Podomoro Feedmill

Burung Sekretaris, Si Burung Pemangsa Yang Cantik

Burung sekretaris (Sagitarius serpentarius) merupakan sejenis burung pemangsa berukuran besar yang hidup terestrial. Burung ini merupakan unggas endemik dari Afrika, sering dijumpai di padang rumput terbuka dan savannah di wilayah sub-Sahara Afrika. Burung sekretaris juga menjadi satu-satunya burung pemangsa yang hidup dari kebiasaan darat. 

 

Ciri-Ciri Burung Sekretaris :

 

1. Kaki burung sekretaris memang terlihat panjang namun, hewan ini justru mempunyai badan mirip seperti burung elang berukuran besar. Kakinya memiliki sisik yang tebal untuk melindungi burung dari gigitan ular.

 

2. Tinggi S. serpentarius bisa mencapai 90-137 cm. Mereka memiliki paruh yang melengkung, namun dengan bagian sayap bulat sepanjang 112-152 cm jika dibentangkan.

 

3. Lebar sayap cukup besar, rata-rata mencapai 191-220 cm. Bobot tubuhnya dapat mencapai 2,3-5 kg, dengan panjang tarsus (tulang kering) berkisar 31 cm atau 12 inci.

 

4. Ekor burung sekretaris umumnya berukuran 57-85 cm. Lehernya juga tidak terlalu panjang, sehingga mereka harus membungkukkan badan untuk minum atau meraih permukaan air. Ekornya memiliki sepasang pita tengah yang panjang.

 

5. Bulunya terdiri atas dua warna, putih keabu-abuan dan hitam. Memiliki jambul berwarna hitam dengan corak merah di area mata, serta hitam pekat di bagian bola mata.

 

6. Tubuhnya berwarna abu-abu muda dengan paha dan bulu hitam dan lapisan sayap putih. Kepala dan paruhnya mirip dengan caracara.

 

Burung sekretaris (Sagitarius serpentarius) merupakan sejenis burung pemangsa berukuran besar yang hidup terestrial. Burung ini merupakan unggas endemik dari Afrika......