White Face Spanish, Si Ayam Muka Badut

  • Sabtu, 11 September 2021 13:09
  • Podomoro Feedmill
Ayam white face black spanish atau biasa disebut ayam white face, merupakan salah satu ayam hias yang...

Ayam white face black spanish atau biasa disebut ayam white face, merupakan salah satu ayam hias yang belum lama masuk ke Indonesia sehingga populasinya masih langka. Belum banyak kolektor pecinta ayam hias yang memiliki ayam white face. Ditambah lagi produksi ayam ini dikenal sulit. Beberapa peternak ayam hias merasa kesulitan untuk membudidayakan ayam hias yang satu ini.

 

Asal Ayam Hias White Face Spanish

 

 

 

Sesuai dengan namanya “Spanish” yang artinya ayam ini berasal dari Spanyol. Ayam ini dipercaya sebagai salah satu jenis ayam hias tertua di dunia. Ayam hias white face spanish mulai dimasukkan ke dalam Standar of Perfection American Poultry Association pada tahun 1874. Ayam hias ini bernasib sama seperti ayam hitam sumatra. Di mana menyebar ke seluruh dunia, namun langka di negara asalnya. Dalam dunia satwa sering terjadi hal yang demikian dimana mereka punah di negara asalnya, namun dikembangkan dengan baik di slain negara.

 

Karakteristik Ayam White Face Spanish

 

 

 

a. Dinamakan ayam white face, karena ayam ini memiliki wajah putih sehingga sering disebut ayam muka badut.

b. Ayam white face spanish memiliki warna bulu hitam mengkilap, seperti ayam hitam sumatra.

c. Pejantan white face memiliki jengger yang besar dan tegak, sedangkan jengger ayam white face betina tidak setegak jengger pejantan (agak lemas menyamping).

d. Mempunyai gelambir merah panjang dan menggelantung di bawah kepala.

e. Pada ayam umur 1 tahun, muka putih ciri khas white face spanish baru terlihat/berubah. Semakin tua umur akan terlihat semakin eksotis.

f. Berat ayam hias white face jantan rata-rata 2,5-3 kg dan berat ayam betina sekitar 2-2,5 kg.

 

Harga Ayam Hias White Face Spanish

 

 

 

Harga ayam hias white face spanish masih relatif mahal, karena termasuk ayam hias baru dan langka di Bursa Ayam Hias Indonesia. Harga ayam hias white face umur 2-3 bulan sekitar 3-4 juta. Sedangkan harga untuk indukannya sekitar 5-9 juta perpasang. Semakin tua ayam ini, maka semakin lebih mahal harganya.

 

Tentunya dengan harga tersebut untuk seekor ayam hias white face spanish masih terbilang fantastis. Namun, bagi beberapa kolektor pecinta ayam hias sejati tidak ada harga patokan khusus, karena kolektor/pecinta ayam hias merupakan seni yang tidak ada harga yang pasti. Semoga bermanfaat.

Baca juga : https://podomorofeedmill.com/info/egg-tray-plastik-atau-egg-tray-karton