Trik Melatih Kekuatan Fisik Ayam Bangkok Laga

  • Jumat, 04 Maret 2022 10:03
  • Podomoro Feedmill
Ayam bangkok laga (aduan) memiliki bentuk tubuh yang bagus untuk dijadikan tipe petarung...

Ayam bangkok laga (aduan) memiliki bentuk tubuh yang bagus untuk dijadikan tipe petarung. Meskipun punya bentuk fisik yang tangguh, ayam Bangkok tetap harus mendapat perawatan yang baik. Salah satu cara merawat ayam Bangkok adalah dengan menambahkan vitamin dalam makanannya. Selain itu, ayam bangkok harus dilatih agar bisa bertarung dengan baik.

 

Ayam Petarung 

 

Latihan Kekuatan Fisik Ayam Laga (Aduan)

 

Latihan yang bisa dilakukan haruslah menyeluruh dan memakai teknik khusus. Berikut cara melatih kekuatan fisik ayam Bangkok laga.

 

1. Latihan Bagian Leher

 

Kelenturan leher ayam Bangkok akan membuat gerakannya menjadi lebih lincah serta cekatan dalam menghindari serangan kepala dari lawan. Latihan otot leher menjadikan gerakan patukan ayam menjadi lebih terarah.

 

Otot leher dilatih dengan melakukan pijatan ke bagian leher ayam setiap pagi. Lakukan pemijatan yang mengarahkan kepala ayam ke kanan kemudian ke kiri. Lakukan gerakan secara perlahan sebanyak 30 kali. Kecepatan tangan sekitar 1 detik tiap gerakan.

 

2. Latihan Badan

 

Badan menjadi kunci ayam Bangkok aduan untuk bergerak dengan lebih leluasa. Latih gerakan badan ayam Bangkok dengan gerakan ringan setiap paginya.

 

Cara melakukannya yaitu dengan memutar tubuh ayam ke arah kanan dan kiri. Masukkan tangan peternak diantara celah sayap ayam. Gerakkan tubuh ayam sebanyak 30 kali mengarah ke samping kanan dan kiri.

 

3. Latihan Kaki

 

Kaki dapat menjadi salah satu senjata ayam Bangkok aduan. Latihan kaki sudah menjadi keharusan bagi ayam laga. Pembentukan otot kaki dengan cara memberi beban pada kaki ayam dan membiarkannya bergerak. Jika ayam sudah terlihat lelah, segera hentikan latihan.

 

Melatih kecepatan pukulan juga perlu di asah, dengan cara membuatnya berlari mengitari kurungan. Latihan bisa dilakukan 1-2 jam sehari.

 

4. Latihan Sayap

 

Gerakan latihan ini dapat memperkuat otot sayap ayam Bangkok. Pergerakan dalam latihan ini akan membuat otot sayap semakin lentur dan lincah saat digerakkan.

 

Peternak bisa memulai latihan ini dengan mengangkat tubuh ayam tinggi-tinggi. Lalu, gunakan tangan kanan peternak untuk memegang dada ayam dari belakang. Selanjutnya, tangan kiri peternak memegang bagian pangkal ekor.

 

Setelah itu, lepaskan tangan kanan dan kiri dengan diarahkan turun ke bawah. Gerakan ini akan membuat ayam mengepakkan sayap sehingga ototnya jadi terlatih.

 

Latihan untuk melompat merupakan gerakan menghindar dan menyerang kepala lawan menjadi lebih cepat. Cara melatihnya dengan menaruh ayam dalam kandang beratap tinggi. Kemudian ayam dibiarkan melompat untuk beberapa waktu. Semoga bermanfaat.

Baca juga : https://podomorofeedmill.com/info/bungkil-kacang-kedelai-bkk-dan-kacang-kedelai-sama-kah