Tips Bedakan Telur Segar dan Busuk


2022-06-17 10:14:39


Menurut sebagian masyarakat, telur merupakan makanan yang harus ada di dapur atau lemari kulkas. Mengingat telur menjadi makanan yang mudah untuk diolah dan tidak butuh banyak hal agar membuatnya menjadi enak. Akan tetapi, perlu hati-hati dalam memilih telur sebelum membeli dan mengonsumsinya. Terkadang, membedakan telur busuk dengan telur yang masih segar bisa menjadi sulit. Supaya tidak ragu-ragu tentang hal tersebut, berikut cara membedakan antara telur ayam segar dan telur busuk.

 

cara bedakan telur segar dan busuk 

 

1. Pecahkan Telur dan Perhatikan Baunya

 

Telur busuk akan mengeluarkan bau busuk yang menyengat, baik saat masih mentah maupun setelah dimasak. Menggunakan indera penciuman (hidung) merupakan cara paling banyak digunakan untuk mengecek antara telur busuk dan telur segar.

 

2. Perhatikan Warnanya

 

Memecahkan cangkang telur bisa untuk membedakan isi telur segar dan telur busuk. Telur yang masih segar akan memiliki warna dan tekstur yang masih bagus. Telur yang bertekstur agak cair namun tidak menunjukkan perubahan warna dan bau, maka telur masih bisa dikonsumsi. Namun, telur tersebut dalam keadaan sudah tidak segar/tua. Jika warnanya merah muda, hijau, atau berwarna warni, telur tersebut telah terkontaminasi bakteri Pseudomonas dan tidak aman untuk dimakan.

 

3. Dengarkan Bunyi Telur

 

Dekatkan sebutir telur di telinga dan goyangkan secara perlahan. Jika terdengar bunyi, maka telur sudah tidak baik. Namun sebaliknya, jika menggoyangkan/mengocok telur segar maka tidak akan terdengar suara dari dalam telur.

 

4. Rendam Telur Dengan Air Suhu Ruangan

 

Cara ini jarang dilakukan karena di tempat penjualan tidak menyediakan air untuk merendam telur. Namun, saat di rumah kalian bisa merendam telur dalam air untuk mengetahui kualitas telur tersebut. Jika telur langsung mengambang, berarti sudah busuk dan harus dibuang.

 

5. Cek Menggunakan Senter Atau Lampu

 

Cara lainnya untuk membedakan telur segar dengan telur busuk yaitu cek menggunakan senter atau lampu ke arah telur. Apabila saat disenter warna telur bagian dalam masih terang artinya masih segar. Namun, jika disenter warna telurnya sudah keruh/gelap menandakan bahwa telur sudah busuk.

 

6. Lihat Tanggal Kedaluwarsa

 

Saat membeli telur yang sudah dalam kemasan (supermarket), coba perhatikan tanggal kedaluwarsa yang tertera. Hal ini cara paling cepat untuk membedakan telur segar dengan telur busuk. Meskipun tanggal kadaluarsa tidak selalu tepat, perlu hati hati jika sudah mendekati bahkan melewati tanggal tersebut.

 

Mengetahui perbedaan telur segar dan telur busuk sangat penting. Jangan sampai telur busuk tercampur dengan olahan masakan lainnya. Karena, telur busuk juga berbahaya bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

 

 

 



Share Whatsapp

Isikan Komentar Anda


Info Lain

Siasat Peternak Hadapi Musim Hujan

Memasuki musim penghujan seperti ini, sebaiknya peternak perlu melakukan persiapan yang matang dalam ...

Mengenal Wet Litter (Feses Basah) pada Ayam

Feses basah ? bau tidak sedap?. Pada skala besar, kejadian ini menjadi salah satu faktor akibat dari basahnya litter kandang...

Telur Puyuh, Si Kecil Kaya Nutrisi

Telur puyuh merupakan salah satu jenis telur yang dihasilkan dari unggas (burung puyuh)...

Kerugian Menunda Mengafkir Ayam Petelur

Ayam petelur afkir merupakan ayam petelur yang sudah tidak produktif lagi (akhir masa produksi telur), yaitu pada usia 72-80 minggu...

Tengok Limbah Peternakan Ayam

Berikut beberapa limbah peternakan yang masyarakat perlu ketahui, tidak hanya dari segi negatif tapi juga positifnya...

Standar RPA, Ciptakan Daging Ayam Berkualitas

Rumah potong ayam (RPA) merupakan industri peternakan yang melakukan pemotongan ayam hidup dan diolah menjadi karkas...