Pengobatan Dan Pencegahan Ayam Yang Terjangkit Chlamydiosis, Peternak Harus Tahu!!

  • Rabu, 06 Desember 2023 13:12
  • Podomoro Feedmill
 Melakukan Pemisahan antara Ayam Sehat dan yang Sakit. Jika ada ayam yang terjangkit yang harus dilakukan yaitu pemisahan antara ayam yang sakit dan yang sehat, agar p...

Cara Mengatasi Ayam Yang Terjangkit Penyakit Chlamydiosis

 

1. Melakukan Pemisahan antara Ayam Sehat dan yang Sakit

 

Jika ada ayam yang terjangkit yang harus dilakukan yaitu pemisahan antara ayam yang sakit dan yang sehat, agar penyakit ini tidak menular pada ayam yang sehat.

 

2. Pemberian Obat pada Ayam yang Sakit

 

Sebelum memulai pengobatan, perlu Anda pahami bahwa tindakan ini dinilai tidak dapat menyembuhkan ayam secara total. Namun tetap saja, dengan melakukan pengobatan, ayam akan terhindari dari risiko kematian.

 

Obat yang bisa diberikan pada ayam berpenyakit chlamydiosis adalah klotetrasiklin. Ini merupakan sebuah obat yang akan membantu membersihkan beberapa bakteri dari tubuh ayam.

 

Cara Mencegah Penyakit Chlamydiosis Pada Ayam

 

Untuk melakukan pencegahan, peternak bisa melakukan hal-hal berikut:

 

1. Meningkatkan Biosekuriti Kandang Ayam

 

Peternak harus meningkatkan sistem biosekuriti dalam kandang karena seperti yang kita ketahui, bakteri ini bisa ditularkan dengan cukup mudah, terlebih apabila kebersihan kandang serta fasilitasnya tidak dijaga dengan baik.

 

Cara untuk meningkatkan biosekuriti tersebut adalah dengan melakukan sanitasi kandang dan peralatan dengan menyemprotkan desinfektan. Saat proses sanitasi bisa menggunakan TRIPLE KILL untuk membunuh bakteri.

 

2. Memastikan Jumlah Ayam tidak Melebihi Kapasitas Kandang

 

Untuk para peternak harus memastika kapasitas kandangnya. Tujuannya adalah agar kondisi kandang tidak terlalu padat, apabila populasi ayam terlalu padat maka sirkulasi udara tidak bagus untuk ayam.

 

Jika ada ayam yang terjangkit penyakit ini, maka penularannya lebih cepat dengan terlalu padatnya populasi dan sirkulasi udara yang kurang.

 

3. Menjaga Ayam agar Tidak Stres

 

Langkah pencegahan terakhir dengan menjaga ayam agar tidak stres. Hal ini karena ayam yang stres memiliki daya tahan tubuh yang lemah, sehingga penyakit Chlamydiosis lebih mudah menyerang.

 

Semoga bermanfaat…