Mengenal Bentuk Pakan Ayam

  • Jumat, 02 Oktober 2020 13:10
  • Podomoro Feedmill
<p><span style="font-family: arial, helvetica, sans-serif; font-size: 12pt;">Ransum adalah pakan jadi untuk ternak (ayam) yang telah disusun dari berbagai jenis bahan pakan dan...</span></p>

Ransum adalah pakan jadi untuk ternak (ayam) yang telah disusun dari berbagai jenis bahan pakan dan sudah dihitung (diformulasikan) sebelumnya berdasarkan kebutuhan nutrisi termasuk energi yang diperlukan. Berdasarkan bentuknya ransum dibagi menjadi 3 jenis yaitu mash, pellet, dan crumble. Terkadang ada tambahan bentuk pakan berupa bentuk fine crumble. Adanya perbedaan bentuk ini bertujuan untuk merangsang feed intake (konsumsi pakan per ekor) ayam menjadi lebih baik, yang disesuaikan dengan bertambahnya umur ayam.  

 

Bentuk Mash

 

Bentuk ini merupakan bentuk ransum yang terdiri dari beberapa bahan yang dipilih dan digiling halus dengan ukuran sama, kemudian dicampur menjadi satu. Keuntungan pakan bentuk mash yaitu harganya lebih murah, serta lebih mudah diserap usus ayam, sehingga efisiensinya lebih baik. Pakan mash biasanya digunakan pada ayam usia muda atau fase pre starter karena sesuai dengan ukuran paruh ayam yang kecil.

 

Bentuk Pellet

 

Pelet adalah pakan berbentuk silinder yang melalui proses pemadatan menggunakan mesin (pelleter). Bentuk ini jarang sekali digunakan pada ternak unggas, karena ukurannya kurang sesuai dengan paruh unggas (ayam) yang kecil. Sehingga, bila dipaksakan memungkinkan terjadinya kanibalisme.  

 

Bentuk Crumble

 

Bentuk pakan Crumble merupakan tipe ransum yang dihasilkan dari proses pembuatan pakan bentuk pellet, kemudian pellet dihancurkan dengan ukuran lebih kasar dari mash. Bentuk ini banyak digunakan untuk semua umur ayam. Pakan ini memiliki ciri yang tidak beraturan yaitu berbentuk butiran atau granula (pecahan). Menurut hasil riset crumble memiliki spesifikasi seperti pakan tidak berdebu, mudah untuk dikonsumsi, pemborosan pakan (akibat tercecer) dapat ditekan dan formula pakan menjadi lebih efisien. Pemberian pakan dalam bentuk crumble dapat meningkatkan berat badan karena ayam lebih banyak makan dibandingkan dengan pakan mash.

 

Bentuk Fine Crumble

 

Bentuk ini merupakan bentuk ransum yang ukuran fisiknya antara mash dan crumble. Sangat cocok diberikan pada ayam umur DOC (Day old Chick) atau fase starter, agar DOC tidak kesusahan mematuk pakannya. Bentuk pakan fine crumble bisa menjadi solusi jika ayam kesusahan dalam konsumsi pakan  bentuk mash atau crumble.  

 

Secara naluri, ayam menyukai pakan yang berbentuk butiran (crumble atau fine crumble). Namun, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki efisiensi pakan adalah pemilihan bentuk partikel ukuran pakan yang disesuaikan dengan umur ayam. Hal ini akan memengaruhi hasil konsumsi pakan per ekor dan konversi pakannya (FCR). Semoga bermanfaat ya,.