Memilih Sistem Usaha Ayam Broiler


2022-06-22 10:11:54


Beternak ayam broiler merupakan salah satu usaha peternakan yang sangat menjanjikan, jika dikelola dengan baik serta adanya perencanaan yang matang. Sebagai peternak ayam pemula perlu mengetahui jenis sistem usaha/ternak ayam broiler di lapangan. Hal ini bertujuan untuk memperkuat perencanaan dalam memulai usaha ayam broiler tersebut. Lalu apa saja jenis sistem usaha ayam broiler itu? Berikut penjelasannya.

 

Sistem Usaha Ayam Broiler 

 

 

1. Sistem Usaha Mandiri Ayam Broiler

 

Sistem usaha mandiri merupakan sistem ternak dengan modal sepenuhnya ditanggung oleh peternak.  Mulai dari kandang, peralatan, tenaga kerja, dan sarana produksi ternak (sapronak). Bagi pemodal  tinggi jelas sistem ini akan berjalan lancar. Sistem ini, peternak cenderung memasarkan sendiri hasil ternaknya baik ternak hidup atau dalam bentuk karkas (daging). Keuntungan yang diperoleh bisa lebih maksimal karena harga sapronak bisa lebih murah (memilih sendiri. Selain itu jenis usaha ini dinilai mudah atau tidak ada keterikatan dengan kemitraan (perusahaan) dalam menjalankannya. Tetapi, peternak juga harus memerhatikan manajemen pemeliharaan dan support sapronak yang unggul.

 

2. Sistem Usaha Semi Mandiri Ayam Broiler

 

Sistem semi mandiri merupakan sistem dengan modal, proses produksi, dan pemasaran tidak sepenuhnya dilakukan sendiri oleh peternak, tetapi ada beberapa unsur (sapronak dan pemasaran) yang dibantu oleh pihak lain. Perbedaan sistem semi mandiri dengan sistem mandiri adalah adanya kerja sama antara peternak dengan perorangan atau perusahaan yang bergerak dalam usaha pengadaan sapronak dan pemasaran hasil unggas.

 

Seperti contoh, peternak membeli DOC (Day Old Chick), OVK (Obat Vaksin Kimia), dan sebagian pakan (misalnya pakan sampai umur 14 hari) dengan modal sendiri atau dibeli secara tunai. Sedangkan kekurangan pakan berikutnya (pakan umur 15 hari sampai panen) dibantu pihak kedua. Pemasaran ayam pada sistem semi mandiri ini dapat dilakukan sendiri atau dapat dibantu oleh pihak kedua tersebut. Sedangkan hutang pakan (pakan yang belum dibayar) akan dibayar setelah panen selesai.

 

3. Sistem Usaha Kemitraan Ayam Broiler

 

Sistem usaha kemitraan ayam merupakan sistem kerjasama dalam bidang ternak ayam (broiler) antara dua belah pihak, yaitu pihak inti (perusahaan) dan pihak plasma (peternak). Bentuk kerjasama yang biasa dilakukan perusahaan inti adalah bertindak sebagai penyedia sapronak (DOC, Vaksin, pakan, dll). Sedangkan peternak plasma menyediakan kandang dan peralatanannya serta biaya operasional pemeliharaan. Selain itu bertanggung jawab melaksanakan kegiatan beternak dari awal pemeliharaan sampai panen. Prinsip ini adalah kerjasama yang saling menguntungkan karena kedua pihak saling membutuhkan.

 

Pihak mitra tidak boleh membeli sapronak dari luar tanpa persetujuan kedua belah pihak. Pelanggaran terhadap aturan yang sudah ditetapkan bisa dikenakan sanksi sesuai perjanjian.

 

Tujuan dari kemitraan yaitu meningkatkan pendapatan usaha kecil di masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta memperluas lapangan kerja. Konsep dari kemitraan ini yaitu saling membutuhkan, saling mendukung, saling menguntungkan, dan bertanggung jawab. Semoga bermanfaat.  

 



Share Whatsapp

Isikan Komentar Anda


Info Lain

Kesalahan Saat Mengatur Tirai Kandang Ayam

Pengaturan tirai kandang tidak boleh dilakukan sembarangan, karena mengakibatkan perubahan kondisi (kenyamanan) di...

Mengurangi Reaksi Post Vaksinasi Pada Ayam

Langkah antisipasi perlu dilakukan untuk mengurangi reaksi post vaksinasi yang berlebih, dengan..

Penyakit ND Pada Ayam Petelur

Newcastle Disease, penyakit ini lebih populer dengan nama tetelo. Penyakit ND disebabkan oleh virus...

Visi Dan Misi

Menjadi perusahaan di bidang perunggasan yang bertumbuh kembang, berinovasi menjadi yang utama dengan mengedepankan asas kualitas dan senantiasa memberi kepuasan...

Penyebab Kerusakan Hati Pada Ayam

Kerusakan hati biasanya disebabkan oleh pengaruh lingkungan dan kesalahan sistem manajemen pemeliharaan

Mengenal Jenis Ayam Kate

Ayam Kate atau ayam Katai, dalam bahasa inggris disebut Bantam Chicken adalah ayam yang...