Lebih Baik Mana, Memelihara Dari Pullet/DOC ?

  • Rabu, 08 September 2021 13:09
  • Podomoro Feedmill
Pullet adalah ayam ras petelur yang dipelihara dari umur 0-13 minggu atau 0-16 minggu (siap bertelur)...

Beternak ayam petelur hingga kini masih menjadi usaha yang menjanjikan. Sehingga, banyak masyarakat yang ingin mencoba memulai usaha ayam petelur. Pada umumnya, peternak memulai usaha dari memelihara DOC (anak ayam sehari) dan ada juga memelihara dari pullet (ayam petelur siap produksi). Lalu, lebih baik mana untuk memulai usaha ayam petelur bagi pemula? Apakah dari memelihara pullet atau DOC ?

Apa Itu Pullet ?

 

Pullet adalah ayam ras petelur yang dipelihara dari umur 0-13 minggu atau 0-16 minggu (siap bertelur). Istilah pullet perlu dipahami oleh peternak sebelum memulai usaha ayam petelur, mulai dari ciri-ciri pullet berkualitas sampai cara membentuk dan memelihara pullet sampai afkir.  

Alasan Peternak Memilih Membeli Pullet

 

Alasan peternak lebih memilih pullet untuk memulai usaha ayam layer (petelur), karena ingin yang serba instan. Selain itu, karena keterbatasan lahan, keterbatasan SDM (Sumber Daya Manusia), kurang terampilnya peternak dalam manajemen pemeliharaan dari DOC sampai pullet, dan ingin praktis serta tidak mau repot.  Biasanya pilihan ini paling cocok untuk peternak pemula atau pemodal besar.

 

Alasan Peternak Memilih Membeli DOC

 

Untuk memulai usaha ayam petelur dari memelihara DOC atau pullet lebih didasari dari segi kepuasan. Bagi peternak, membentuk layer dari DOC merupakan tantangan dan kepuasan tersendiri saat menjadi layer yang berproduksi optimal. Sehingga, peternak mengetahui riwayat ayam layer yang dipelihara. Misalnya, riwayat program kesehatan (vaksin, vitamin, suplemen) yang diberikan. Peternak akan merasa aman selama melakukan usaha ayam layer yang terbilang lama (±90 minggu). Biasanya peternak yang memulai usaha ayam petelur dari DOC adalah peternak yang sudah berpengalaman (jam terbang tinggi).

Lebik Baik Mana, Pullet /DOC?

Memelihara ayam pestelur dari pullet atau DOC, menjadi pilihan masing-masing peternak. Baik dan buruknya tergantung dari proses pemeliharaan dan produktivitasnya nanti. Untuk peternak pemula sebaiknya memelihara langsung dari pullet umur 16-18 minggu. Selain tidak butuh waktu lama untuk memperoleh telur, peternak pemula dapat sambil belajar untuk memelihara ayam petelur yang baik.

Namun, salah satu risikonya adalah peternak tidak mengetahui performa pullet sesungguhnya, terutama bila penjual pullet tidak memiliki track record yang jelas. Untuk peternak yang sudah berpengalaman, dapat memelihara dari pullet maupun DOC.

Bagi pemula yang ingin beternak ayam petelur harus memerhatikan dan memperhitungkan dari berbagai sisi. Pada prinsipnya dilatar belakangi oleh sisi ekonomi yang berkaitan dengan efisiensi usaha yang dijalankan.  Semoga bermanfaat.

Baca juga : https://podomorofeedmill.com/info/mengenal-ayam-batik-yang-memesona