Eksotisme Ayam Cemani

  • Sabtu, 06 Maret 2021 15:03
  • Podomoro Feedmill
Ayam cemani, ayam selasih, atau ayam kedu adalah ras ayam lokal yang telah dikembangkan di Pulau ...

Ayam cemani, ayam selasih, atau ayam kedu adalah ras ayam lokal yang telah dikembangkan di Pulau Jawa sejak abad ke - 12. Si hitam ayam cemani masih menjadi bahan perbincangan masyarakat secara luas, terutama masyarakat Indonesia. Banyak orang yang penasaran dengan ayam cemani, karena  dihadapkan dengan fenomena ayam berwarna hitam sepenuhnya, bahkan warna hitam sampai ke lidah dan daging. Berikut penjelasan lainnya tentang eksotisme si hitam ayam cemani.   

 

Harga Ayam Cemani Mahal

 

Karena keunikannya, maka tidak heran jika harga ayam tersebut tergolong mahal. Harganya bisa mencapai jutaan rupiah per ekor, namun tergantung ukuran. Selain itu, tidak mudah mendapatkan ayam cemani di pasaran. Karena jumlah ayam cemani tidak mencukupi permintaan pasar. Tidak hanya daging ayam cemani yang mahal, namun telur ayam ini juga cukup mahal dibandingkan dengan telur ayam pada umumnya.

 

Harga Ayam Cemani

 

Harga ayam cemani asli bisa mencapai 25 - 40 juta. Dan anak ayam cemani sekitar 125 - 550 ribu per ekor. Sedangkan telur ayam cemani sekitar 80 - 100 ribu per butir.

 

Berwarna Hitam

 

Mengapa ayam cemani berwarna hitam ? Menurut penelitian Ben Dorshorst dari Uppsala University di Swedia mengatakan bahwa, ayam cemani tersebut merupakan hasil mutasi genetik yang menyebabkan kondisi fibromelanosis atau hiperpigmentasi kulit. Kondisi ini mengakibatkan mutasi gen (EDN-3) dan menyebabkan lapisan epidermis ayam menghasilkan pigmen hitam.

 

Langka

 

Di Indonesia, sedikit masyarakat yang membudidayakan ayam cemani.  Tidak hanya di Indonesia, di berbagai penjuru dunia pun jumlah ayam cemani sangat sedikit. Menurut para ahli, pada tahun 2017 jumlah ayam cemani di dunia hanya sekitar 3.500 ekor. Namun, sampai sekarang belum ada keterangan secara pasti mengenai jumlah ayam cemani di seluruh dunia.  Namun, dibandingkan dengan jenis unggas  lainnya, ayam cemani tergolong langka.  Inilah mengapa harga jual ayam cemani sangat mahal di pasaran.

 

Sebenarnya, negara yang banyak menyukai ayam cemani dan memiliki permintaan pasar yang besar bukanlah Indonesia saja, tetapi juga India dan Amerika Serikat. Namun, karena adanya hal mistis serta mitos yang banyak dipercaya oleh orang Indonesia, harga ayam cemani menjadi jauh lebih tinggi dibanding negara lainnya.

 

Untuk itu, bagi Anda yang berniat merintis bidang usaha, tidak ada salahnya untuk menggeluti bisnis budidaya ayam cemani. Semoga bermanfaat.

 

https://podomorofeedmill.com/info/perbedaan-kandungan-nutrisi-telur-ayam-dan-bebek