Cara Hitung Performa Ayam Petelur


2021-02-16


Ayam petelur diternakkan untuk menghasilkan telur yang nantinya akan dijual. Untuk mengukur keberhasilan yang dicapai, peternak membutuhkan data/catatan dari kegiatan sehari-hari dari kandang yang disebut dengan recording. Dari catatan kandang (recording) peternak bisa mengetahui performa maupun produktifitas dari ayam petelur. Khususnya bagi peternak pemula, pencatatan data atau recording sangat perlu diterapkan.

 

Komponen Perhitungan Performa

Berikut beberapa komponen recording untuk menghitung performa ayam petelur.

 

recording ayam petelur 

 

1. Deplesi (Penyusutan)

 

Penyusutan di sini meliputi jumlah ayam yang mati, diafkir, atau hilang. Data ini harus selalu dicatat karena setiap ada penyusutan dalam jumlah tertentu, maka peternak harus menyesuaikan jumlah pemberian ransum dengan jumlah populasi akhir. Jumlah penyusutan juga bisa menjadi kontrol kesehatan, misalnya serangan penyakit yang menyebabkan mortalitas ayam.

 

a. Penyusutan (Deplesi) Ayam Dalam Seminggu

 

Jumlah kumulatif ayam yang mati dan culling dalam seminggu dibagi jumlah ayam  pada awal minggu dikalikan persen (%). Standar maksimum 0,20% per minggu.

 

b. Penyusutan (Deplesi) Ayam Dalam Sebulan

 

Jumlah kumulatif ayam mati dan culling dalam sebulan dibagi jumlah ayam pada awal bulan dikalikan persen (%). Standar maksimum 0,84% per bulan.

 

c. Penyusutan (Deplesi) Ayam Dalam Satu Periode

 

Penyusutan deplesi ayam adalam satu periode artinya pada umur 20-80 minggu sampai afkir. Jumlah kumulatif ayam mati (standarnya 1/3 bagian) dan culling (standarnya 2/3 bagian) dalam satu periode dibagi jumlah ayam pada awal periode (sejak Hen Week 5%) dikalikan persen (%). Standar maksimum 10% per periode.

 

2. Jumlah Konsumsi Pakan

 

a. Feed Intake (F.I)

 

Feed intake biasa disebut jumlah pakan yang dikonsumsi per ekor ayam. Pakan yang diberikan kepada ayam (kg) dibagi jumlah ayam hidup x 1.000 (gram/ekor). Standar strain 111 - 113 gram/ekor/hari.

 

b. Point Feed (P.I)

 

Point feed disebut juga jumlah pakan yang benar-benar dimakan oleh ayam. Jatah pakan yang diberikan ke ayam dikurangi yang tercecer. Hitungan ini jarang digunakan karena praktis tidak ada peternak yang menghitung berapa gram pakan yang tercecer per ekor. Sebetulnya ini hitungan yang nyata (gram/ekor).

 

3. Produksi Telur

 

a. Hen Day % (H.D %)

 

Hen Day Production (HDP) adalah cara menghitung produksi telur harian. Perhitungannya adalah jumlah telur dibagi jumlah ayam saat itu x 100%. Misalnya, jumlah ayam layer pada pagi hari 1.000 ekor, total produksi telur dalam satu hari 850 butir, maka HD-nya 850 butir/1.000 ekor x 100% = 85%. Standar strain 82 – 85%.

 

b. Hen Week % (H.W %)

 

Hen week adalah cara menghitung produksi telur dalam seminggu. Misalnya, produksi telur dalam seminggu 5.775 butir dibagi jumlah ayam pada awal minggu, misal 998 ekor, maka HW-nya = 5.775 butir/7 hari/998 ekor = 82,7%. Standar strain 82 – 84%.

 

c. Egg Weight (E.W) atau bobot telur per butir (gram)

 

Bobot telur (kg) dibagi jumlah telur (butir) x 1.000 = gram/butir telur. Standarnya minimum 62,5 gram/butir.

 

d. Hen House (H.H) Butir dan Kg

 

Adalah total produksi telur sejak H.W 5%. Misalnya jumlah ayam 1.000 ekor, pada umur 20 minggu sampai umur 80 minggu, didapat 319.395 butir/1.000 ekor = 319,4 butir/ekor. Standarnya 325 butir/ekor/periode.

 

Bila berdasarkan bobot (egg mass), maka jumlah kumulatif bobot telurnya, misalnya 19.934,1 kg/1.000 ekor = 19,9 kg/ekor, berapa pun sisa ayam yang hidup. Standarnya minimum 20 kg telur/ekor/periode.

 

4. FCR Total

 

FCR (feed convertion ratio) adalah jumlah pakan kumulatif sejak H.W 5% sampai umur 80 minggu/afkir. Misalnya habis 44.974 kg, dibagi jumlah telur kumulatif 19.934,1 kg = 2,26. Standarnya 2,10-2,20.

 

Dengan adanya data yang lengkap seperti ini, bisa digunakan sebagai patokan untuk analisa performa ayam petelur. Bahkan dari data harian, mingguan dan satu periode bila lengkap, bisa terbentuk grafik performa yang bisa dibandingkan dengan standar masing-masing strain. Semoga bermanfaat.

Penyakit ND Pada Ayam Petelur



Share Whatsapp

Isikan Komentar Anda


Info Lain

Mitos Atau Fakta Flu Burung Menular Ke Manusia

Flu Burung atau Avian Influenza disebabkan oleh virus influenza tipe A jenis H5N1. Virus AI menyerang alat...

Ancaman Newcastle Disease (ND) Yang Tak Kenal Musim

Perubahan cuaca dan kondisi lingkungan yang tidak menentu tentunya sangat berpengaruh...

Penyakit Hati Pada Ayam, Inclusion Body Hepatitis

Penyakit Hati pada unggas atau sering disebut dengan Inclusion Body Hepatitis pernah booming di tahun...

Lowongan Kerja Juli, Podomoro Sehat Indonesia

CV Podomoro Sehat Indonesia sedang membutuhkan staff untuk melengkapi posisi: 

Optimalkan Penyerapan Sisa Kuning Telur

Pada masa pertumbuhan minggu pertama ini sangat penting diharapkan terjadi penyerapan kuning telur (Sebagai nutrien cadangan dan juga kekebalan maternal...

Ayam Kedu, Genetik Lokal Temanggung

Indonesia mempunyai beberapa rumpun ayam lokal yang mempunyai ciri spesifik dan dilestarikan sebagai...