Fungsi Proventrikulus ( Lambung Kelenjar ) dalam tubuh ayam

  • Senin, 13 Januari 2020 04:01
  • Podomoro Feedmill
<p>Proventrikulus (Lambung Kelenjar ) merupakan salah satu organ pencernaan utama dan merupakan perluasan esofagus (Bell dan Weaver, 2002). Pada tubuh ayam, proventrikulus terletak diantara tembolok (crop ) dan gizzard ( lambung otot / ampela ). Proventri

Proventrikulus (Lambung Kelenjar ) merupakan salah satu organ pencernaan utama dan merupakan perluasan esofagus (Bell dan Weaver, 2002). Pada tubuh ayam, proventrikulus terletak diantara tembolok (crop ) dan gizzard ( lambung otot / ampela ). Proventrikulus biasannya merupakan bagian kelenjar dari perut yang dapat menyimpan dan / atau memulai proses pencernaan makanan sebelum menuju ke gizzard ( ampela / lambung otot). Di proventrikulus juga tempat terjadinnya pencernaan secara enzimatis. Sel kelenjar secara otomatis akan mengeluarkan cairan kelenjar pada saat makanan melewati proventrikulus dengan cara berkerut secara mekanis (Akoso, 1993).

Fungsi proventrikulus adalah untuk mensekresikan asam klorida, enzim, dan getah lambung, dimana mampu mencerna protein dan lemak (Nesheim et al., 1979). Proventrikulus berfungsi untuk mensekresikan gastric juice (cairan lambung) yaitu pepsin, suatu enzim untuk membantu pencernaan protein, dan hydrochloric acid disekresi oleh glandular cell (Bell dan Weaver, 2002). Menurut Grist (2006) proses pemecahan protein kompleks makanan menjadi komponen sederhana mulai terjadi di proventrikulus.

Asam klorida berfungsi mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin yang sangat dibutuhkan dalam mencerna protein menjadi pepton. Dan lipase mencerna lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Dalam proventrikulus tidak terjadi pencernaan karbohidrat secara spesifik. Di proventrikulus makanan berjalan secara cepat dan dalam jangka waktu yang relatif pendek, sehingga pencernaan makanan secara enzimatis sangat sedikit ( North, 1978).  

Ketika proventrikulus berfungsi dengan baik dalam tubuh ayam, maka secara tidak langsung proses mencerna protein atau proses pemecahan protein kompleks makanan juga berjalan lancar.

Dalam hasil pemeriksaan dalam mendiagnosa suatu penyakit unggas, proventrikulus biasannya juga berfungsi menjadi salah satu indikator dalam mendiagnosa penyakit unggas. Contoh dalam suatu kasus penyakit, berdasar hasil pemeriksaan secara patologi terkadang ditemukan bahwa pada organ proventrikulus unggas mengalami kelainan dengan ditemukannya multiple ptechial (bintik - bintik perdarahan) pada bagian mukosa proventrikulus. Hal tersebut terkadang, Disebabkan karena adannya infeksi virus velogenik strain Asia yang patognomonis (biasannya terjadi pada kasus ND). Dengan beberapa indikator kelainan organ lainnya, maka suatu penyakit dapat terdiagnosa secara akurat.

Nah,, sekarang peternak sudah paham kan betapa pentingnya proventrikulus dalam tubuh ayam. Yang salah satunya mampu memproses pemecahan protein kompleks makanan menjadi komponen sederhana. Selain itu, peternak juga perlu dalam memilih pakan serta nutrisi yang baik bagi ternak ayam. untuk itu, saran mimin pilihlah pakan yang jelas akan kandungan nutrisi yang benar-benar sesuai kebutuhan ayam anda jangan hanya soal harga yang murah. Kesehatan ayam adalah hal yang paling utama untuk diperhitungkan.